Erabaru.net – Laporan yang dirilis oleh Basarnas Kantor SAR Surabaya dan BPBD Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melaporkan bahwa Kapal Mutiara Sentosa I terbakar di Perairan Masalembu, Jawa Timur, Jumat (19/5/2017) pukul 16.00 WIB.

Kronologi kejadian saat terjadi kebakaran di car deck, api kemudian semakin membesar tidak bisa di padamkan dengan apar dan sprinkle. Nahkoda kapal kemudian memerintahkan abandon ship.

Kapal Rute Surabaya-Balikpapan  itu mengangkut 134 penumpang dan ABK 44 orang dengan total 178 orang.  Kapal tersebut mengangkut 4 kenderaan golongan II, 14 golongan III, 15 Golongan IV, 45 Golongan V dan 9 kenderaan Golongan VI.

Sekitar pukul 21.00 WIB, KM Meratus Makasar sedang melakukan evakuasi dan pencarian terhadap korban. Namun demikian pencarian terkendala dengan cahaya. Laporan menyebutkan jumlah korban yang sudah ditemukan 10 orang  terdiri 3 meninggal dunia dan 7 selamat.

Sejumlah korban yang selamat dievakuasi ke Pulau Masalembu. Sedangkan para penumpang yang selamat berasal dari Malang, Lumajang, TTuban, Kediri dan mungkin beberapa daerah lain.

Hingga kini diduga Kebakaran disebabkan korsleting pada salah satu truk yang kemudian menyebabkan ledakan hingga membakar keseluruhan kapal.

Selain KM Meratus Makassar membantu mengevakuasi, Kantor SAR Surabaya menggerakkan KN SAR 225 Surabaya menuju lokasi. Basarnas juga mengerahkan Kapal milik Kansar Mataram, Denpasar, Semarang dan Balikpapan.  (asr)

 

 

Share

Video Popular