Erabaru.net. Ketika Anda berpikir untuk mempunyai anak. Sekarang saatnya calon ibu dan ayah untuk  mulai membiasakan makan  makanan bernutrisi dan gaya hidup sehat.

Inilah lima tips nutrisi kita sebelum hamil.

Berat badan ideal

Tanpa disadari, wanita pada usia 20-an tahun sampai 30-an tahun sering mengalami kenaikan berat badan 1-2 kg setiap tahun. Terlalu gemuk meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, termasuk diabetes kehamilan, pre-eklampsia dan komplikasi pada saat melahirkan. Maka, cobalah untuk mengurangi “kelebihan berat badan” sebelum hamil.

Berat badan calon ibu hamil juga berdampak langsung terhadap berat badan bayi. Pada ibu hamil yang kelebihan berat badan atau obesitas 1,5-2 kali lebih cenderung memiliki bayi dengan berat badan yang berat, sehingga meningkatkan risiko komplikasi kelahiran,. Bagi sang bayi  lebih berisiko menderita obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 1 di kemudian hari.

Dengan memperbaiki makanan dan aktivitas fisik, maka Anda akan mencapai berat badan ideal. Untuk wanita yang kelebihan berat badan, maka menurunkan berat badan sebanyak 5%-10% sebelum kehamilan cukup baik untuk memperbaiki kesuburan menurunkan komplikasi kehamilan yang berkaitan dengan risiko berat badan.

Memperbaiki pilihan makanan dan minuman

Banyak makan sayur, buah, biji-bijian utuh, makanan vegetarian (mencakup kacang merah, telur dan biji-bijian), daging tanpa lemak, ikan, akan meningkatkan kadar vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mulai hamil.

Mengkonsumsi suplemen folat

Folat adalah kelompok vitamin B. Folat diperlukan untuk perkembangan tabung saraf, yang membentuk otak dan tulang belakang pada beberapa minggu pertama kehamilan. Bila tabung saraf tidak menutup, maka akan terjadi cacat tulang belakang seperti spina bifida.

Konsumsi suplemen folat (dalam bentuk asam folat minimal 400 mikrogram) sejak satu bulan sebelum hamil sampai akhir trisemester pertama adalah cara terbaik untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan folat selama awal kehamilan. Diskusikan dengan dokter bila Anda memiliki riwayat keluarga cacat tabung saraf karena Anda akan memerlukan kadar asam folat yang lebih tinggi.

Suplemen folat adalah tambahan di samping makan sumber makanan yang mengandung folat, seperti sayuran berdaun hijau, buah, tepung roti. Tepung roti organik dan sebagian besar tepung biasa tidak diperkaya dengan folat, maka Anda harus meneliti daftar label yang tertera pada kemasan terigu.

Mengkonsumsi suplemen yodium

Yodium diperlukan pada kehamilan untuk mendukung perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Sumber makanan yang banyak mengandung yodium mencakup makanan laut, mengandung susu, tepung roti yang diperkaya dengan yodium (kecuali tepung biasa dan tepung organik).

Menghindari alkohol

Anda harus menghindari alkohol sebelum hamil. Tidak diketahui kadar alkohol yang aman selama kehamilan. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang hingga banyak dapat menyebabkan sindrom alkohol janin dan meningkatkan risiko bayi lahir kurang bulan dan dengan berat lahir yang rendah, sehingga bayi cenderung menderita masalah kesehatan. Belum diketahui efek alkohol kadar rendah terhadap bayi. Yang paling aman adalah tidak minum alkohol selama kehamilan, merencanakan kehamilan atau menyusui.

Calon ayah juga mendapatkan manfaat dari makan makanan yang bergizi, tidak minum alkohol, dan menurunkan berat badan. Penelitian menemukan bahwa pria yang kelebihan berat badan 1,2 kali cenderung menjadi mandul, dan pria yang obesitas 1,3 kali cenderung menjadi mandul.(Epochtimes/Vivi)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular