Erabaru.net. Banyak ancaman mematikan di dasar laut, tapi, guitarfish (keluarga ikan pari) berikut ini pasti tak menyangka bahaya yang mengintai ternyata bukan musuh alami mereka, melainkan manusia.

Baru-baru ini, penyelam menemukan beberapa ekor guitarfish di dasar laut di sekitar dermaga di Victoria, Australia mengalami luka yang parah, kepala mereka dibelah, kemudian dilempar kembali ke dasar laut dan menunggu ajal. Benar-benar miris melihat mereka meronta menahan sakit yang tak terkira.

Awalnya penyelam menemukan lima ekor guitarfish yang kepalanya terbelah, benar-benar mengerikan ketika melihat luka yang dialami mereka.

Selama ini, kehidupan laut di sekitar perairan selalu dibantai setiap hari. Organisasi perlindungan hewan menyerukan jangan lagi melukai mereka dengan cara barbar seperti itu.

Menurut hukum setempat, para nelayan harus mengembalikan guitarfish itu ke laut jika tanpa sengaja menangkap mereka, dan melukai mereka itu termasuk perbuatan kejahatan. Organisasi perlindungan hewan secara khusus telah membentuk tim untuk menyelidiki fakta sebenarnya.

Mereka menemukan bahwa banyak guitarfish yang dilemparkan kembali ke laut itu telah disiksa, ada yang dibelah, ada yang dirobek-robek, meskipun mereka tidak mati sama sekali, tetapi keadaan seperti itu bahkan jauh lebih menyiksa mereka daripada kematian.

Selain guitarfish, penyelam juga menemukan beberapa ekor Myliobatoidei (keluarga ikan pari), sirip dan ekor mereka dipotong, tampak sangat menyedihkan.

Kelompok perlindungan hewan mengatakan guitarfish memangsa ikan-ikan di dasar laut. Sementara itu, para nelayan menuturkan, bahwa mereka (kawanan guitarfish) memangsa ikan, sehingga berdampak pada penangkapan ikan, karena itulah para nelayan melukai kawanan guitarfish secara brutal.

Foto-foto yang menyedihkan itu seketika menarik perhatian netizens setelah dipublikasikan di internet. Departemen terkait mengatakan akan menjatuhkan denda bagi mereka yang tertangkap basah menyiksa guitarfish.

Setiap spesies ikan adalah bagian dari rantai makanan, nelayan yang sengaja melukai guitarfish bukan saja tidak bisa menangkap ikan lebih banyak, tetapi juga dapat merusak keseimbangan, sehingga membuat kondisinya menjadi lebih serius. Perlindungan keanekaragaman spesias ikan ini sangat penting, jadi dihimbau jangan lagi menyiksa mereka. (jhoni/rp)

Sumber: Beautieslife

Share

Video Popular