Erabaru.net – Berdasarkan laporan Voice of America, bahwa di dalam lingkungan sekitar kita, pasti ada beberapa orang yang sifatnya tidak sabar, mereka mudah tidak sabaran, perasaan terdesak oleh waktu, tidak mau mengalah selalu ingin menang, dan mempunyai perasaan bermusuhan.

Inilah sifat tipe A yang tipikal. Sifat tipe A dapat bermanifestasi di segala segi dalam kehidupan, seperti misalnya jika menemui kemacetan di jalan lantas merasa gelisah dan tidak tenang, masa sebelum hingga masa akhir disertasi tidak dapat tidur nyenyak dsb.

Orang tidak Sabar dan Bermusuhan Paling Bahaya

Sebuah hasil penelitian di Amerika ditemukan, bahwa anak muda yang mempunyai sifat tipe A, di mana setelah memasuki usia setengah baya, persentase mengalami tekanan darah tinggi semakin besar.

Namun, hanya orang yang tidak sabar dan mempunyai perasaan bermusuhan yang akan mengalami bahaya ini, sedangkan orang yang selalu ingin menang tidak mau mengalah tidak berada di dalam lingkungan bahaya ini.

Hasil penelitian ini pernah dipublikasikan di majalah bulanan ikatan pengobatan  Amerika. Asisten profesor peneliti Jurusan Pengobatan Alternatif Fakultas Kedokteran Universitas North West Amerika, Yan Li Jing adalah penulis utama dalam laporan.

Dalam laporannya, Yan Li Jing merekomendasikan, bahwa sejak permulaan tahun 1985, mereka mengadakan penelitian terhadap kurang lebih 3.300 orang, menentukan sifat mereka, dan selanjutnya dalam kurun waktu 15 tahun, mem-follow up kondisi kesehatan mereka. Obyek penelitian lebih dari 3.000 orang tersebut setengahnya adalah orang berkulit putih dan hitam, separuh wanita dan laki-laki.

Ketika awal penelitian, mayoritas usia mereka antara 18-30 tahun. Yan Li Jing merekomendasikan, bahwa perhatian utama mereka adalah hubungan sifat psikologis  dengan tekanan darah tinggi.

Ia mengatakan, “Kami telah meneliti di 5 segi, di antaranya termasuk 3 kelompok bagian dari sifat tipe A, dan di antaranya yang pertama adalah tidak sabar atau acap kali merasa terdesak oleh waktu.”

“Bagian kedua adalah sangat memiliki sifat persaingan, dan bagian ketiga adalah punya sikap bermusuhan atau sikap yang tidak percaya. Selain itu, kami bahkan meneliti melancholia (perasaan bimbang) dan perasaan cemas, diakumulasi secara total adalah 5 segi unsur psikologis. Kami mendapati, bahwa di antara ke-5 segi ini, tidak sabar dan perasaan bermusuhan adalah di antara waktu 15 tahun, bisa meningkatkan tingkat bahaya mengidap penyakit tekanan darah tinggi.”

Memastikan Apakah Tergolong Sifat Tipe A

Lalu bagaimana peneliti memastikan bahwa obyek yang diteliti adalah tergolong sifat tipe A? Yan Li Jing merekomendasikan, bahwa mereka menggunakan sejumlah soal yang berkecenderungan pada sifat standar yang telah ada.

Ia mengatakan: “Bahwa pada kecenderungan pertama adalah tidak sabar dan perasaan terdesak waktu, kami mengajukan 4 pertanyaan pada mereka, pertanyaan pertama adalah apakah Anda merasa terdesak oleh waktu; pertanyaan kedua adalah apakah Anda merasakan adanya waktu yang sangat mendesak saat berakhirnya kerja dalam seharian, perasaan yang sangat mendesak sekali, perhatikan baik-baik di sini terdapat perbedaan tingkat.”

“Pertanyaan ketiga adalah apakah Anda merasa acap kali merasa sangat cepat ketika makan; pertanyaan keempat adalah ketika Anda punya suatu masalah yang perlu ditunggu, apakah Anda akan merasa sangat tidak sabaran,” tambahnya.

“Jika jawabannya adalah pasti, maka keempat pertanyaan tersebut di atas sangat sesuai dengan sifat mereka, dan jika sesuai dengan ciri khas perilaku mereka, maka mereka tentu mempunyai perasaan terdesak oleh waktu dan perasaan tidak sabar yang sangat kuat,” lanjutnya.

Orang yang tergolong sifat tipe A mudah terjangkit penyakit insomnia, pencernaan tidak baik, dan selalu merupakan sebuah tema yang diteliti dunia ilmu kedokteran. Yan Li Jing mengatakan, bahwa dulu juga tidak sedikit penelitian tentang  berhubungan kesehatan dengan sifat tipe A, terutama yang berhubungan dengan penyakit jantung koroner dan penyakit pembuluh darah jantung, namun kesimpulan yang didapat dalam penelitian dulu memiliki perbedaan yang sangat besar.

Oleh karenanya mereka menarik kesimpulan, bahwa penyebab di antaranya mungkin adalah perbedaan dari sifat tipe A, ada beberapa yang merugikan kesehatan, juga ada beberapa yang netral.

Mempersiapkan Diri Tetap Tenang

Penelitian mereka tersebut justru telah membuktikan poin ini. Sebab hasil penelitian ditemukan, bahwa sebetulnya punya sifat persaingan, dan sifat selalu ingin menang yang kuat tidak mempunyai pengaruh yang besar terhadap tekanan darah tinggi. Orang yang bersifat tipe A, apakah ada cara untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi?

Yan Li Jing mengatakan: “Dilihat dari sudut individual, pertama-tama harus mengetahui secara jelas, Anda mengetahui diri sendiri apakah punya kecenderungan tersebut merupakan langkah pertama yang krusial, jika Anda tidak memiliki pemahaman ini, maka sangat sulit bagi Anda melakukan keselarasan untuk membantu Anda mengurangi ancaman terhadap kesehatan.”

“Pemahaman ini bukan dimaksudkan telah memahami pada suatu hari saja, namun hampir membutuhkan sebuah pemikiran yang jernih setiap harinya, suatu ketika nanti Anda mendapati, bahwa diri Anda sendiri merasa tidak sabar lagi, atau ketika berada dalam suatu perasaan yang tidak menyenangkan, maka sebaiknya berhenti sejenak dan merenungkannya.”

“Termasuk beberapa cara yang sederhana, misalnya tarik napas dalam-dalam, pergi jalan-jalan, atau istirahat sejenak, semuanya pasti bermanfaat; dilihat dari segi yang lebih luas secara jangka panjang, ada sarjana yang mendapati, bahwa olahraga sangat membantu, dengan berolahraga dapat membantu meringankan rasa cemas,” katanya. (Epochtimes/asr)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular