Erabaru.net. Banyak orang berpikir bahasa Mandarin adalah bahasa yang sangat kompleks dan sulit dipelajari.

Sebagai penduduk asli yang lahir di Tiongkok Selatan, saya berbicara bahasa Kanton dan Mandarin. Saya mengenal bahasa Inggris dan Rusia, dan telah mengajar siswa SMA Amerika selama 11 tahun di AS. Ketika saya belajar lebih banyak tentang bahasa Mandarin, saya mulai mengubah gagasan saya.

Baru-baru ini, saya membaca sebuah artikel oleh Profesor Zou Jinshang (邹 进 上), 88, dari Universitas Nanjing Tiongkok. Dia meramalkan bahwa pada akhir abad ini, bahasa Mandarin akan menjadi bahasa Internasional. Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda setuju dengan pernyataan Profesor Zou? Kalau saya setuju. Mengapa?

Bahasa Mandarin itu unik

Bahasa Mandarin sangat unik dan sangat berbeda dari bahasa Inggris dan semua jenis bahasa alfabet lainnya. Jika alphabet dalam bahasa Inggris terdiri dari 26 huruf, maka bentuk tulisan Mandarin terdiri dari “stroke” atau goresan, dan jumlah goresan dasar adalah delapan: horizontal (横), vertikal (竖), hempas ke kiri (撇), hempas ke kanan (捺), titik (点), sudut / patahan (折), kaitan (勾), dan angkat (提), ditambah beberapa variasi pada bentuk-bentuk ini.

Bentuk Penulisan sangat berhubungan dengan artinya

Misalnya, mulut (口) terdiri dari 3 stroke, perempuan (女) terdiri dari 3 stroke, kuda (馬) terdiri dari 10 stroke, dll Ini adalah kata-kata piktografik dan dapat memberikan petunjuk bagi pelajar Mandarin untuk memahami arti dari kata-kata.

Teks-teks alfabet lain mungkin tampak lebih panjang, lebih berat, dan lebih rumit daripada bahasa Mandarin (Gambar : Pixabay/CC0 Public Domain)

Penggunaan karakter akar dan karakter independen yang membentuk kata baru

Menggunakan karakter akar 草 rumput, Anda bisa mendapatkan 苗, 花, 茶, 荷, 蓮, dan lain-lain.

Karakter akar 雨 hujan, Anda bisa mendapatkan 雪, 霜, 雹, dan lain-lain.

Dengan karakter akar 女 perempuan, Anda bisa mendapatkan 媽, 好, 她, 妞, dan lain-lain.

Selain itu, menggunakan karakter independen, yaitu, laut (海), Anda dapat memiliki banyak kata 2-karakter baru: 海岸 (pantai), 海豹 (segel), 海鷗 (camar laut), 海綿 (spons), 海參 (ikan teripang), 海帶 (rumput laut), 海員 (pelaut), 海軍 (Angkatan laut), dan lain-lain.

Suku kata satu dalam bahasa Mandarin merumuskan sejumlah besar puisi, ayat, dan bait fantastis yang ditulis dalam sajak untuk menyampaikan makna batin dan membiarkan ruang besar bagi pembaca untuk membayangkan dan menikmati (Gambar: Wikimedia Commons)

 

Anda bahkan bisa mendapatkan kata-kata dengan 3 hingga 4 karakter, dan sebagainya, seperti :

海王星 (Neptunus), 海外華僑 (orang Tionghoa luar negeri), 海軍基地 (Pangkalan angkatan laut), dan lain-lain.

Dengan munculnya teknologi tinggi, kata-kata dalam bahasa Mandarin baru, muncul sesuai dengan benda-benda yang muncul seiring perkembangan zaman. Sebagai contoh : 飛機 (pesawat terbang), 飛船 (pesawat udara), 計算機 (komputer), 高科技 (teknologi tinggi), 機器人 (robot), 內燃機(Mesin pembakaran internal), dan lain-lain. Kata-kata Mandarin semacam ini nampak sederhana dan mudah dimengerti dan dipelajari.

Setelah, salah satu mahasiswa saya bertanya, “Apakah komposisi kata dalam bahasa Mandarin seperti kata ‘Lego’ yang berarti ‘Let’s go’?”

Saya pun menjawab, “Mungkin, sangat mungkin!”

Bahasa Mandarin memberikan bentuk ekspresi yang paling sederhana dan paling jelas

Di antara beberapa dokumen internasional, perjanjian, kesepakatan, kontrak, akta, dan dokumen yang sah, versi bahasa Mandarin adalah yang paling sederhana dan paling jelas, sementara teks teks alfabet lainnya tampak lebih panjang, lebih berat, dan lebih rumit.

Karakter Bahasa Mandarin juga merupakan bentuk yang memiliki seni

Selain sebagai sarana komunikasi, menulis karakter Tiongkok juga termasuk Seni kaligrafi (書法). Suara sederhana suku kata karakter Mandarin banyak merumuskan puisi, ayat, dan gurindam yang fantastis, ditulis dalam sajak untuk menyampaikan makna batin, meninggalkan ruang besar untuk pembaca untuk membayangkan dan menikmati karya seni tersebut.

Bahasa mandarin adalah peninggalan peradaban budaya tradisional Tiongkok sejak 5.000 tahun yang lalu. Dikatakan bahasa Mandarin diturunkan dari Surga oleh Cangji. Bahasa unik ini banyak digunakan oleh masyarakat Tionghoa 400 tahun sebelum Alkitab ditulis.

Sayangnya, pada tahun 1950, Mao Zedong, kepala Partai Komunis Tiongkok, mendukung sebuah reformasi dasar untuk mengganti karakter Tiongkok tradisional ke tulisan abjad. Meskipun dia tidak berhasil melakukannya, reformasi “penyederhanaan” (简化) ini telah benar-benar menyebabkan kerusakan besar untuk budaya tradisional Tiongkok.

Untungnya, tidak ada yang bisa mengubah arus proses progresif umat manusia. Budaya tradisional Tiongkok pasti akan memiliki masa depan yang cerah dan megah. (jul/rp)

Sumber : visiontime

Share

Video Popular