Erabaru.net – Bom bunuh diri yang terjadi di Kampung Melayu, Jakarta Timur menyebabkan tiga orang anggota kepolisian meninggal dunia saat terjadi ledakan di Kampung Melayu, Jakarta Timur,  Rabu (24/5/2017) malam. Pada kejadian itu, dua orang pelaku bom bunuh diri juga tewas di tempat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen(Pol) Setyo Wasisto mengatakan kejadian bunuh diri tersebut terjadi pada dua lokasi pertama di Toilet dan tak jauh dari halte Bus Transjakarta. Ledakan pertama terjadi sekitar pukul 21.00 WIB.

“TKP pertama di terminal Kampung Melayu pertama dekat toilet umum, ledakan kedua dekat halte Transjakarta jaraknya sekitar 100 meter antara TKP pertama dan kedua,” kata Setyo Wasisto dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2017).

Menurut keterangan saksi yang berasal dari kepolisian, awalnya saksi berada sekitar 50 meter dari ledakan pertama. Setelah kejadian bersama rekannya saksi langsung menuju ke lokasi tempat asal suara ledakan tesebut sekitar pukul 21.00 WIB.

Setelah saksi tiba ke TKP, saksi langsung mencium bau menyengat dan menyaksikan asap tebal berwarna putih. Pada saat itu, saksi langsung mengenali rekan-rekan dari Polda Metro Jaya yang tergeletak di lokasi kejadian. Dua orang dikenali saksi dan 2 orang lainnya tak terlihat jelas wajah mereka oleh saksi.

Saat itu saksi berusaha untuk mengevakuasi rekannya dari TKP. Usaha yang dilakukan saksi dengan meminta pertolongan kepada kenderaan yang lewat di lokasi sekitar. Namun demikian, sekitar 5 menit kemudian kembali terdengar ledakan sekitar 10 meter dari lokasi pertama yakni tempat saksi berusaha mengevakuasi korban.

“Saksi merasakan sakit pada telinga karena tekanan udara, saksi panik kemudian menyelamatkan diri dari TKP dan melapor ke Mapolres Jakarta Timur,” lanjut Setyo.

Saat olah TKP aparat kepolisian mengamankan barang bukti yakni lempengan alumanium, serpihan kain, serpihan ransel, pakaian atau atribut korban, material diduga bahan bom terdiri serpihan paku dan batu gotri, kabel switch, casing HP, KTP kemuidan foto copy KTP serta struk pembelian panci di Padalarang, Jawa Barat.

Akibat ledakan bom bunud diri ini, tiga anggota kepolisian serta 6 anggota kepolisian mengalami luka berat. Warga sipil menjadi korban terdiri 5 orang yakni sopir Kopaja, mahasiswi dan karyawan BUMN. (asr)

Share

Video Popular