Erabaru.net. Kita terlalu sering merasa terburu-buru dan berjuang untuk memenuhi janji dengan waktu yang sempit. Adalah penting untuk mengambil waktu sedikit dalam kegitan yang padat. Tahukah Anda sesempit apa pun waktu Anda, Anda masih dapat menciptakan ruang untuk diri mengembalikan keseimbangan, dan mengendalikan stres, dan menemukan pandangan yang sangat Anda perlukan.

Keenam latihan sederhana ini  sangat cocok untuk dilakukan saat di bus atau kereta api saat pergi atau pulang kerja. Jika awalnya Anda merasa minder, cobalah mengikuti tips latihan mental untuk memudahkan diri Anda dalam pola pikir yang tenang dan terpusat.

Sadarilah keberadaan  Anda saat ini

Terlalu banyak waktu kita terbuang untuk menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Pusatkan perhatian Anda pada keadaan saat ini.

Aksi bukan reaksi

Stres semakin memuncak bila kita merasa kita tidak dapat mengendalikan situasi kerja.

Buat catatan  tentang aspek yang sekiranya bisa Anda kendalikan dan fokuskan pada mereka, lepaskan aspek-aspek yang tidak bisa  Anda atasi.

Rencanakan waktu luang Anda

Saat energi menurun, maka produktivitas kita menurun dan stres memuncak. Maka atur setiap jam waktu Anda menjadi 50 menit bekerja + 10 menit istirahat atau 45 menit bekerja + 15 menit istirahat. Saat istirahat, renggangkan tubuh Anda, jalan-jalan, latihan pernapasan.

Sederhanakan dan hilangkan

Gangguan yang mengganggu konsentrasi akan meningkatkan stres. Berpikir untuk menyederhanakan tempat kerja menjadi ruang yang tidak mengganggu konsentrasi dan batasi masuknya informasi yang tidak penting.

Akal sehat

Ingatlah untuk mendengar musik supaya Anda merasa rileks. Jika tempat kerja tidak mengizinkan Anda mendengar musik, gunakan waktu istirahat Anda untuk menikmati musik.

Jika anda memiliki waktu kurang dari 5 menit istirahat:

  • Lakukan pernapasan diafragma yang panjang, lambat dan dalam sebanyak 5 kali, mengeluarkan napas secara perlahan. Bayangkan Anda sedang mengenyahkan stres dari tubuh dan memasukkan energi ke dalam tubuh.
  • Kenang waktu yang membuat anda merasa paling bahagia dan santai.
  • Berdiri dan renggangkan tubuh.

Jika anda memiliki waktu 10 menit istirahat:

  • Berjalan atau naik tangga daripada menggunakan eskalator.
  • Lakukan peregangan tubuh di tempat duduk, untuk melemaskan otot-otot yang kaku.
  • Tulis 5 hal yang menyenangkan Anda.

Jika Anda memiliki waktu lebih dari 15-20 menit istirahat:

  • Meditasi selama 15 menit.
  • Medengarkan  musik yang Anda suka.
  • Tulis apa yang mencemaskan Anda, sampai Anda merasa bosan

Jika anda merasa panik, bernapas empat kali tetapi bukan napas dalam. Buang napas melalui hidung (atau mulut bila perlu). Konsentrasi akan pernapasan Anda.

Berlatih  Yoga di kursi

1. Duduk

(George Watts)

Tangan di atas paha. Bernapas secara perlahan dengan kedua mata terpejam, jernihkan pikiran dengan hanya memperhatikan pergerakan napas.

2. Meregangkan lutut

(George Watts)

Duduk. Angkat tungkai bawah kiri lurus di depan Anda, tekuk pergelangan kaki, regang jari kaki menghadap ke arah bawah. Ulangi untuk tungkai bawah kanan.

3. Tekuk sendi panggu

(George Watts)

Duduk. Angkat salah satu tungkai bawah menuju dada. Ulangi untuk tungkai bawah yang lain.

4. Buka panggul

(George Watts)

Duduk. Tumpangkan kaki kanan di atas paha kiri, untuk semakin meregangkan, secara perlahan dorong paha kanan ke bawah. Ulangi untuk kaki yang lain.

5. Tekuk leher ke kanan/kiri

(George Watts)

Duduk tegak. Tempelkan telinga kanan pada bahu kanan. Tempelkan telinga kiri pada bahu kiri.

6. Menunduk

(George Watts)

Duduk. Kaki menapak lantai. Taruh kedua tangan di belakang kepala. Tekankan kepala pada kedua tangan. Kemudian tempelkan dagu pada dada.(Epochtimes/Jennifer Ellis/Vivi)

Jennifer Ellis, pendiri Yoga Wellness Company

Share

Video Popular