Erabaru.net – Video Nat Geo Wild ini menunjukkan seekor serigala sedang menyerang seekor rusa untuk dijadikan sumber makanannya.

Rusa itu pula dengan cepat melarikan diri ke daerah sekelompok bison untuk berlindung. Namun kehadiran rusa tak diundang justru dibunuh bison demi menjaga keselamatan anaknya dari menjadi perhatian serigala.

Hanya sejumlah hewan saja di dunia ini yang menyamai kekuatan bison Amerika. Sebagai mamalia terbesar di Amerika Utara, berat bison jantan bisa mencapai 1 ton dengan 6 kaki tinggi.

Sementara, kekuatannya berasal dari otot yang didorong oleh hormon testosteron. Bagi bison betina, berat mereka biasanya setengah ton dengan 4 atau 5 kaki tinggi.

Jika melihat ke video tersebut, ada dua ekor bison yang sedang bertarung sampai muncul seekor bison lain ikut campur dalam pertarungan itu.

Ada sumber yang mengklaim bahwa kepala bison yang sedikit ke bawah sangat membantu mereka untuk merumput rumput. Meskipun begitu, tidak dapat dibantah bahwa kepala bison itulah yang menjadi senjata bagi seekor bison.

Umumnya, bison jantan adalah kepala kelompok mereka yang terdiri dari seekor atau dua ekor bison jantan, beberapa ekor bison betina, dan anak-anak mereka.

Justru, bison jantan ini bebas memilih pasangan untuk melanjutkan keberangsungan kelompok mereka. Jika ada dua ekor bison jantan dewasa dalam satu kelompok, kebiasaannya akan ada seekor bison yang lebih dominan. Sementara bison jantan seekor lagi akan akur dengan pimpinannya.

Serigala lebih gemar berburu sendirian dan dikatakan perburuan serigala akan lebih berhasil jika berburu secara berkelompok.

Ancaman terbesar terhadap serigala Amerika Utara adalah wabah pada tahun 2009, yaitu penyakit kulit “sarcoptic” yang merupakan infeksi disebabkan jamur.

Selain itu, sebanyak 65% anak serigala terbunuh akibat dari infeksi melalui udara yang menyerang sistem pernafasan, usus dan sistem saraf pusat. (Erabaru.com.my/asr)

 

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular