Erabaru.net. Meski hewan peliharaan kita terbiasa menjelajah dan mencium segala sesuatu yang mereka temui, namun Anda harus menjauhkan mereka dari beberapa jenis tanaman dan bunga berikut ini, karena dapat berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaan Anda.

Tanaman apa sajakah itu?

1. Hyacinthus

(Foto: Sonnee101 / Shutterstock)

Walaupun hyacinthus sangat indah, tetapi tanaman ini mengandung zat berbahaya bernama alkaloid, yang dapat menyebabkan diare, muntah, depresi dan tremor pada anjing maupun kucing.

2. Buttercups
Memiliki warna kuning yang menarik perhatian, ternyata tak menjamin bahwa tanaman ini aman, terutama jika hewan peliharaan Anda menggigit bunga ini. Mereka bisa menderita diare, muntah, anoreksia, air liur berlebih dan berjalan sempoyongan.

3. Tanaman yang mengandung zat grayanotoxins

(Foto : Sample Stars / Shutterstock)

Jenis tanaman yang mengandung zat grayanotoxyn adalah rhododendron dan azalea. Jika hewan peliharaan Anda memakan tanaman ini, mereka mungkin mengalami kejang, muntah dan juga dapat menimbulkan masalah pada jantung mereka.

4. Estramonio (kecubung)

(Foto: Gena Melendrez / Shutterstock)

Jika tanaman ini tertelan oleh anjing atau kucing Anda secara tidak sengaja, mereka akan mengalami kegelisahan, berjalan sempoyongan, atau menderita kesulitan bernapas.

5. Begonia

(Foto: Daimond Shutter / Shutterstock)

Bunga begonia ini sangat indah dan mudah tumbuh dimana saja, tetapi jika Anda memiliki anjing atau kucing sebaiknya hindari menanam tanaman ini. Mereka memiliki racun yang bisa menyebabkan luka bakar atau iritasi di mulut, lidah ataupun bibir. Mereka juga bisa menyebabkan air liur berlebihan, muntah dan kesulitan menelan.

6. Tulip

(Foto: EvgenySHCH / Shutterstock)

Tidak ada bunga yang lebih indah dari tulip. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya mereka memiliki racun berbahaya pada akar mereka. Jadi jika anjing Anda suka menggali dan terkena akar tulip, dia mungkin akan mengalami  diare, muntah, air liur berlebihan, dan depresi.

7. Tanaman yang mengandung zat glikosida

(Foto: Almaran / Shutterstock)

Tanaman seperti oleander (bunga jepang / bunga mentega), foxglove (bunga digitalis) dan bunga lili lembah, ternyata mengandung zat glikosida yang bisa menurunkan detak jantung atau, lebih buruk lagi, dapat menghentikan detak jantung mereka.

8. Rumbia

(Foto: Chatchai Somwat / Shutterstock)

Tanaman rumbia atau pohon sagu sangat beracun, karena dapat menyebabkan kegagalan hati dan kematian pada anjing dan kucing. Semua bagian tanaman ini beracun, namun bijinya adalah bagian yang memiliki jumlah racun terbanyak. Hanya satu atau dua biji saja yang tertelan, sudah bisa menyebabkan hewan peliharaan Anda mati seketika.

9. Dafodil

(Foto: Servickuz / Shutterstock)

Bunga dafodil ini mengandung zat berbahaya seperti licorine dan alkaloid bagi anjing dan kucing. Racun ditemukan di akar tanaman dan jika tertelan, dapat menyebabkan muntah, air liur berlebih dan diare. Jika hewan tersebut telah mengonsumsi tanaman dalam jumlah banyak, mereka bisa menderita aritmia jantung, kejang dan tekanan darah rendah.

10. Lili

(Foto: GrooveZ / Shutterstock)

Bunga lili sangat berbahaya bagi kucing Anda. Telah terbukti bahwa bunga lili bisa menyebabkan gagal ginjal yang serius. Bahkan jika kucing Anda hanya mencium bunganya, dia bisa menderita kerusakan ginjal. Kucing akan menjadi lesu dan muntah dalam beberapa jam setelah menciumnya.( perfecto.guru/Intan)

Share

Video Popular