Erabaru.net. Tahukah Anda bahwa seringkali penglihatan kita tertipu, bukan oleh dunia luar yang kita lihat, namun lebih kepada karena penipunya adalah otak kita sendiri. Tampaknya otak kita sudah mempunyai semacam pola tertentu untuk memahami dunia luar, sehingga informasi apa pun yang diterima oleh otak kita akan selalu diproses dengan cara yang sama.

Ketika kita bertemu dengan suatu pandangan visual yang bertentangan dengan cara otak kita memproses informasi, otak kita akan tetap ‘memaksa’ untuk memproses informasi dengan caranya yang sudah tetap. Dan akibatnya, seringkali kita melihat sesuatu yang seharusnya begini menjadi terlihat begitu.

Berikut adalah beberapa ilusi optik yang akan menantang otak Anda. Mari kita lihat.

Ilusi batang kayu

(Foto: © imgur)

Lihatlah batang kayu ini. Tergantung dari ujung mana Anda melihatnya, sepertinya batang kayu ini akan terlihat seolah bertumpuk dua, ataupun berjejer dua.

Sebuah kubus dan dua buah cangkir

(Foto: © Chris Westall)

Sebuah ilusi karya Chris Westall. Satu cangkir ada di meja, dan di sebelahnya ada sebuah kubus dengan cangkir lain di atasnya. Namun jika Anda melihat dari sudut lain, Anda akan melihat bahwa kubus itu hanyalah gambar di atas meja.

Ilusi tembok café

(Foto: © Wikipedia)

Dilihat sekilas, garis-garisnya seolah miring, namun sebenarnya semua garis horisontal di gambar tersebut adalah lurus dan sejajar. Ilusi ini ditemukan oleh R. Gregory di dinding sebuah cafe di Bristol, dan dari situlah namanya berasal.

Ilusi gambar negatif seorang gadis

(Foto: focus.de )

Lihatlah titik merah pada hidung si gadis, tanpa berkedip selama 30 detik. Kemudian langsung arahkan pandangan Anda ke latar berwarna putih, di tembok atau langit-langit ataupun bidang datar berwarna putih manapun, Anda akan melihat hasil cetak dari foto negatif si gadis.

Ilusi Menara Pisa yang lebih miring

(Foto: © 2007 Kingdom, Yoonessi & Gheorghiu)

Pertama kali melihat, Anda akan menemukan bahwa gambar Menara Pisa di sebelah kanan, adalah lebih miring, namun perhatikan lagi dengan seksama, kedua gambar ini sesungguhnya adalah sama persis. Sistem penglihatan kita memandang dua gambar yang berdekatan sebagai satu kesatuan, dan karena itu membuat kita berpikir bahwa keduanya berbeda.

Ilusi hitam dan putih

(Foto: © zazzle.com)

Lihatlah titik-titik hitam di bagian tengah gambar, fokus dan lihatlah tanpa berkedip selama beberapa waktu, kemudian alihkan pandangan Anda ke latar berwarna putih, dan mengediplah sekali. Apa yang Anda lihat?

Sepasang kekasih

(Foto: © Pinterest)

Anak-anak akan melihat beberapa ekor lumba-lumba, sementara orang dewasa, akan melihat gambar yang lebih “dewasa”.  Hal itu karena anak-anak belum mempunyai gambaran tentang hal-hal “dewasa” di dalam pikiran mereka. Gambar ini dibuat oleh Sandro Del-Prete dan judulnya adalah “Message of Love from the Dolphins” .(brightside.me/Intan)

Share

Video Popular