Erabaru.net. Pernah melihat orang di sekitar Anda berbicara bahasa Mandarin?

Itu mungkin karena mereka telah mempelajarinya, dan akan lebih baik jika Anda juga ikut belajar.

Menurut British Council, Bahasa Mandarin termasuk empat bahasa internasional selain Bahasa Inggris yang paling penting dipelajari di masa depan, bersama bahasa Spanyol, Arab dan Perancis.

Belajar bahasa Mandarin sangatlah penting, terutama jika Anda melakukan bisnis apa pun dengan Tiongkok atau bahkan memiliki klien orang Tionghoa, dibutuhkan keahlian bahasa tersebut.

Jika Anda dapat berkomunikasi dalam bahasa Mandarin, Anda bisa menempatkan diri Anda jauh di atas kurva. Di kebanyakan sekolah, pelajaran bahasa lokal terus menurun, sehingga Anda mungkin tidak memiliki keuntungan belajar bahasa asing selain Inggris dengan standar tinggi.

Namun, itu bukanlah alasan untuk menunda belajar bahasa Mandarin. Segeralah belajar, karena mungkin Anda akan menemukan bahwa bahasa Mandarin lebih mudah daripada yang Anda pikirkan, dan mungkin ada beberapa manfaat mengejutkan lainnya di masa depan!

Bagaimana Saya Belajar Bahasa Baru?

Sayangnya, bisa lebih sulit untuk belajar bahasa di saat Anda telah menjadi orang dewasa, tapi ada beberapa cara yang sebenarnya bisa lebih efektif.

Meskipun secara umum, anak-anak akan lebih mudah menerima kata-kata karena mereka kerap mempelajari keterampilan baru setiap saat. Namun demikian, orang dewasa memiliki kosa kata yang lebih luas secara umum, yang berarti bahwa mereka mungkin bisa menguasai kosa kata asli dalam bahasa Mandarin.

Mempelajari bahasa baru tidak pernah mudah, tapi kita harus tetap percaya bahwa kita pasti bisa menaklukan bahasa tersebut. Pembelajaran berbasis permainan di kelas sangat penting karena tidak membuat kelas bosan, terutama bila Anda memiliki banyak gangguan dan masalah seperti orang dewasa di dunia nyata! Sehingga, perlu bagi Anda untuk memiliki sedikit hiburan dan permainan.

Selain itu, penggunaan ponsel pintar (smartphone), juga banyak dilakukan di beberapa kelas Mandarin agar Anda lebih bersemangat dalam mengikuti kelas. Penggunaan smartphone juga dapat membuat Anda tetap terlibat dan termotivasi untuk menghafal secara langsung beberapa kata atau beberapa karakter dalam bahasa Mandarin dengan cepat dimanapun Anda berada.

Dengan menggunakan permainan seperti Bingo, Anda dapat memperoleh keterampilan yang mungkin Anda butuhkan untuk sukses dalam bahasa asing selain Inggris, terutama bahasa yang melibatkan karakter yang berbeda dengan alfabet Latin yang digunakan dalam bahasa Inggris. Penggunaan karakter bahasa Mandarin yang dikenal sebagai hànzì dalam permainan ini sangatlah ideal untuk merangsang daya tangkap dan pengenalan symbol-simbol baru.

Namun, sebaiknya Anda harus memiliki pengetahuan dalam memainkan permainan Bingo, agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Mandarin lewat permainan ini. Di era saat ini, Anda bisa dengan mudah mengunduh permainan ini lewat smartphone atau laptop, dan juga bisa dimainkan dalam situs permainan online.

Faktanya, terdapat Learner Room dalam situs permainan Bingo, di mana Anda dapat bersenang-senang dengan bermain bahkan chatting dengan pengguna lain. Ditambah lagi, Anda bisa memainkan berbagai jenis permainan sehingga Anda terbiasa dengan berbagai peraturan permainan yang berbeda. Kemudian, ketika sampai pada level mengocok angka-angka ke huruf Mandarin, kelasnya tidak akan terasa sulit sama sekali!

Tentu saja, tidak semua orang punya waktu untuk pergi ke kelas yang sebenarnya, dan itu tidak masalah. Anda tinggal di dunia modern, dan jika niat Anda adalah belajar untuk tujuan bisnis, maka Anda mungkin tidak punya waktu banyak, namun pasti selalu ada waktu untuk mempelajari bahasa Mandarin.

Belajar melalui sebuah aplikasi di ponsel pintar bisa menjadi ide bagus. Contohnya, aplikasi Babbel yang memungkinkan Anda untuk belajar melalui level bahasa yang berbeda, yang dilengkapi dengan beberapa tes untuk melihat kemajuan Anda dalam menguasai bahasa Mandarin.

Tembok Besar Tiongkok (Gambar : Matt Barber via flickr / CC BY 2.0 )

Mungkin alasan utama mengapa permainan dan aplikasi modern dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang mudah untuk belajar bahasa Mandarin. Adalah sama prinsipnya dengan mengapa cara terbaik untuk belajar bahasa adalah membenamkan diri Anda ke dalam budaya peradaban Tionghoa.

Memang tidak semua orang bisa pergi dan menghabiskan satu tahun tinggal di Tiongkok (walaupun jika Anda bisa, lakukanlah), namun ada banyak cara lain untuk melibatkan diri sepenuhnya ke dalam bahasa ini, bahkan budayanya juga. Mengapa tidak mencoba beberapa latihan percakapan dengan penutur aslinya, baik secara online atau secara langsung?

Anda dapat menemukan penutur asli bahasa Mandarin seperti di media sosial  Gumtree. Tentu saja, sering menonton film dalam bahasa Mandarin juga dianjurkan. Anda bisa memulai dengan menggunakan teks terjemahan bahasa Inggris, lalu mematikannya saat Anda sudah mulai memahami bahasa Mandarin.

Jadi,mengapa kita perlu belajar bahasa Mandarin?

Selain dapat berkomunikasi dengan sekitar 1,2 miliar orang Tionghoa, yang adalah satu dari enam orang di seluruh dunia, belajar bahasa Mandarin juga memiliki berbagai manfaat lainnya.

Sebenarnya, mempelajari bahasa apa pun juga bermanfaat bagi kesehatan Anda. Bila Anda belajar bahasa asing, ukuran otak Anda dapat meningkat! Selain itu, Anda bisa terhindar dari penyakit yang mempengaruhi ingatan Anda,  termasuk Alzheimer dan demensia, karena belajar bahasa memberikan manfaat positif bagi kesehatan kognitif Anda.

Selanjutnya, belajar bahasa baru dapat membuat Anda terlihat pintar. Sungguh, sangat cerdas. Ditambah, Anda bisa mendengarkan percakapan, dan mengejutkan orang saat Anda bisa mengerti makna percakapan tersebut! Semoga berhasil. (jul/rp)

Sumber: visiontime

Share

Video Popular