- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Sebuah Tes Sederhana yang Dapat Membantu Anda Mengetahui Berapa Banyak Warna yang Bisa Anda Lihat

Erabaru.net. Adalah sesuatu yang jelas bahwa kemampuan membedakan warna berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini disebabkan karena jumlah jenis sel kerucut yang ada di dalam mata kita, berbeda-beda antara satu sama lain. Sel kerucut ini berfungsi sebagai fotoreseptor, jumlah macam sel kerucut yang Anda miliki akan mempengaruhi berapa banyak warna yang bisa Anda lihat.

Berikut adalah sebuah tes sederhana yang dibuat oleh profesor Diana Derval. Silahkan ikuti, lihat gambarnya, jawab pertanyaannya dan periksa hasil yang Anda peroleh di bagian jawaban – Anda akan mengetahui berapa banyak warna yang bisa Anda lihat dan seberapa berbeda Anda dengan orang-orang kebanyakan di dunia, dalam melihat warna.

Silahkan hitung jumlah warna dan bayangan warna yang berbeda, yang bisa Anda lihat gambar di atas:

Sudah?

Mari kita periksa mata Anda,

Jika Anda melihat…

Kurang dari 20 warna: Anda adalah seorang dikromat. Artinya Anda hanya memiliki dua macam sel kerucut. Namun jangan khawatir, Anda tidak sendirian, 25% dari seluruh populasi di dunia juga mempunyai penglihatan yang sama.

Antara 21 dan 33 warna: Anda mempunyai penglihatan trikromat. Artinya mata Anda mempunyai tiga macam sel kerucut. Anda mampu membedakan warna ungu, biru gelap, hijau dan juga merah. Ini  juga adalah hal yang bagus, karena 50% dari populasi di dunia, mempunyai penglihatan jenis ini.

Antara 34 dan  39 warna: Wow! Anda memiliki penglihatan tetrakromat. Mirip seperyti lebah, Anda mempunyai empat macam sel kerucut pada mata Anda, dan hampir  mampu melihat seluruh spektrum warna yang ada. Hanya ada 25% dari populasi yang mampu melihat semua spektrum warna.

Selalu menjadi hal yang menarik untuk mengetahui kemampuan diri sendiri, dan membandingkannya dengan orang lain. Mungkin Anda baru tahu bahwa Anda adalah orang yang mempunyai penglihatan tetrakromat, dan Anda baru tahu betapa istimewanya mata Anda! (brightside.me/Intan)