Erabaru.net. Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap dua pejabat pertahanan Iran, satu perusahaan Iran, satu Warga Negara Tiongkok dan tiga perusahaan Tiongkok, karena perusahaan dan individu yang disebutkan ini mendukung program nuklir Iran, demikian rilis Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataannya Rabu, (17/5/2017).

Menurut laporan media asing, Kementerian Keuangan Amerika Serikat (US Department of Treasury) melalui Office of Foreign Assets Control (OFAC, bidang kontrol aset negara AS) menjatuhkan sanksi pada tujuh entitas di Iran karna dilaporkan sudah menjual beberapa sistem misil balistik pada Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Diantara pejabat Iran yang dikenai sanksi adalah Morteza Farasatpour dan Rahim Ahmadi. Menurut Kementerian Keuangan AS, Farasatpour adalah atase pertahanan senior serta koordinator penyaluran senjata Iran pada Scientific Studies and Research Center (SSRC) Suriah. Sedangkan Ahmadi yaitu petinggi pemerintah serta direktur Shahid Bakeri Industries Group (SBIG), sebuah firma pemanufaktur senjata canggih.

Di antara daftar nama yang dikenai sanksi oleh OFAC juga termasuk seorang entitas yang merupakan warga negara Tiongkok dan tiga entitas Tiongkok. Nama yang disebut dalam sanksi US Department of Treasury yaitu Ruan Runling Network serta tiga rekanan bisnisnya yang menyediakan komponen untuk rudal senilai jutaan dolar AS.

Sama seperti firma lain asal Teheran, Ruan Runling adalah perusahaan manufaktur senjata yang menjalin bisnis kerjasama dengan perusahaan Iran yang terlebih dulu sudah dijatuhi sanksi oleh Kementerian Keuangan AS. Sementara dua perusahaan lainnya masing-masing adalah ShangHai North Begins International dan Shanghai North Transway International Trading.

Menteri keuangan AS, Steve Mnuchin mengatakan,  “Pemerintah AS memiliki komitmen untuk selalu memberi sanksi pada sikap Iran. Dimana sering lakukan pengembangan persenjataan misil serta rudal untuk al-Assad. Ia (Assad) sudah bertindak brutal di Suriah pada beberapa waktu paling akhir.

“Beberapa firma dan atase asal Iran serta Tiongkok yang menyalurkan senjata ke Suriah juga sudah dijatuhi sanksi. AS akan tegas untuk masalah Iran,” kata Mnuchin

Ini adalah sanksi terhadap para pejabat Iran dan sebuah entitas Tiongkok, mereka memberikan dukungan kepada Suriah dan menyediakan program rudal balistik Iran. Oleh karena itu, Amerika Serikat akan tetap waspada terhadap Iran. (Wang Jun/ Jhony/rp)

Sumber: Secretchina

Share

Video Popular