Erabaru.net. Penulis Amerika Stephen Covey menggambarkan melalui sebuah kisah sederhana tentang prinsip 90/10. Prinsip ini menggambarkan kejadian sehari-hari yang menunjukkan bahwa 10% dari kehidupan kita terkait dengan apa yang terjadi yang disebabkan faktor luar, dan 90% sisanya adalah persoalan yang menyangkut reaksi kita terhadap suatu situasi.

Tentang 10% ini, kita tidak memiliki kendali untuk mengaturnya. Kita tidak bisa mencegah terjadinya mobil hancur, rumah rusak, atau hujan yang tiba-tiba turun. Tapi 90% lainnya berbeda dan bergantung 100% pada diri kita sendiri, karena berkaitan dengan reaksi kita dalam menghadapi situasi dan hambatan tersebut.

Covey menceritakan contoh berikut:

“Saat seorang ayah sedang sarapan bersama keluarga, putrinya memegang secangkir kopi dan menumpahkannya di kemeja kerja ayahnya secara tidak sengaja. Sang ayah tidak memiliki kendali atas apa yang baru saja terjadi, namun apa yang akan terjadi selanjutnya akan ditentukan oleh reaksi dan sikap sang ayah.

Jika sang Ayah memarahi anak perempuannya karena telah mengotori pakaian kerjanya. Mendengar kemarahan ayahnya, anak itu menangis tersedu-sedu. Setelah mengutuk putrinya, dia mengkritik istrinya karena menempatkan cangkir kopi itu sangat dekat dengan ujung meja, sehingga memicu pertengkaran  verbal. Kemudian, sang ayah  mengganti bajunya. Saat  dia kembali, si ayah mendapati putrinya sibuk menangis dan tidak menghabiskan sarapan, juga ketinggalan bus sekolahnya.

Karena istrinya harus segera bekerja, sang ayah pun akhirnya mengantar anak perempuannya ke sekolah.

Karena  takut terlambat, dia mengemudikan mobilnya dengan kecepatan 90 km / jam di jalan yang mengharuskan kendaraan melaju dengan kecepatan maksimum hanya 70 km / jam. Tiba-tiba sebuah mobil polisi menghentikan mereka. Ternyata, mereka ditilang dan untuk mengurus penilangan tersebut membutuhkan waktu 15 menit. Saat meninggalkan putrinya di sekolah, dia berlari tanpa mengucapkan selamat tinggal karena harus buru-buru ke kantor.

Sang ayah terlambat 20 menit untuk sampai ke tempat kerja, dan dia baru menyadari bahwa tasnya ketinggalan. Hari tersebut mulai mengerikan. Dan sepertinya akan semakin memburuk, sehingga sang ayah hanya berharap bisa segera pulang.

Saat sang Ayah tiba di rumah, dia menemukan sedikit keterpisahan dalam hubungan dirinya dengan istri dan anak perempuannya”.

Mengapa?

Semua terjadi karena cara bereaksi sang ayah pagi itu.

Mengapa sang Ayah mengalami nasib buruk pada hari itu?

Tentunya karena reaksi sang Ayah yang keliru dalam menanggapi ketidaksengajaan putrinya saat menumpahkan kopi ke pakaian kerja yang dikenakannya. Dia tidak memiliki kendali atas apa yang terjadi. Namun, cara bereaksi sang ayah dalam 5 detik berikutnya yang menentukan nasib buruk sang ayah di hari itu.

Inilah reaksi yang seharusnya dilakukan sang Ayah:

Putrinya tak sengaja menumpahkan kopi dan mengotori pakaian kerjanya. Putrinya hendak menangis. Lalu sang ayah memberitahunya, “Jangan khawatir, kamu hanya perlu lebih berhati-hati di lain waktu.”

Setelah mengenakan baju bersih dan mengambil tas kerja, Ayah kembali ke dapur dan melihat melalui jendela bahwa putrinya sedang menaiki bus sekolah. Dia melambaikan tangannya kepada ayah dan ibunya dengan gembira.

Dapatkah Anda melihat perbedaan hasil dari contoh kisah tadi? Dua skenario, keduanya dimulai dengan kejadian yang sama, namun hasilnya berakhir beda. Mengapa?

Anda benar-benar tidak memiliki kendali atas 10% dari apa yang terjadi dalam hidup Anda. Namun, 90% lainnya ditentukan oleh reaksi Anda dalam menghadapi suatu kondisi tak terduga tersebut.

Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan prinsip 90/10:

  • Jika seseorang mengatakan sesuatu yang negatif, jangan menganggapnya dengan serius.
  • Biarkan dan abaikan serangan verbal tentang Anda
  • angan biarkan komentar negatif mempengaruhi Anda
  • Bereaksilah dengan sewajarnya, agar tidak akan merusak hari Anda
  • Reaksi yang salah dapat berakibat hilangnya teman, dipecat, stres dan lain-lain.

Bagaimana seharusnya Anda bereaksi jika seseorang memotong laju kendaraan Anda?

  • Kehilangan kesabaran?
  • Memukul atau menyetir?
  • Apakah mengutuk tindakan pengemudi lain?
  • Apakah Anda memberi tekanan pada diri Anda sendiri?
  • Siapa yang dirugikan jika Anda terlambat bekerja?
  • Mengapa membiarkan mobil merusak hidup dan hari Anda?

Ingat Prinsip 90/10 dan jangan khawatir tentang semua hal itu

Sekarang Anda tahu Prinsip 90/10. Terapkan itu dalam kehidupan Anda dan Anda akan kagum pada hasil positif yang didapat.( perfeito.guru/Intan)

Share

Video Popular