Bagi kebanyakan kita, kehidupan sehari-hari dapat membuat kita stres. Kita menghadapi segudang tanggung jawab, baik urusan pribadi maupun pekerjaan, yang sering mendorong kita mendekati batas kita. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk mengurangi stres yang mengancam kesehatan mental, emosional dan fisik kita.

Mirip dengan racun di lingkungan atau racun dalam tubuh, orang ‘beracun’ bisa menimbulkan bahaya serius. Tidak seperti racun pada umumnya, kita tidak pernah diajarkan untuk mengetahui jenis “peringatan” mengenai ancaman yang dibawa oleh orang-orang semacam itu. Dengan demikian, kita harus bergantung pada penilaian, naluri, dan kehendak kita untuk melawan orang beracun secara efektif.

Faktanya adalah beberapa orang lebih mahir menangani orang ‘beracun’ daripada yang lain; Karena orang seperti itu sering memiliki kecerdasan emosional yang tajam, bersamaan dengan kemauan untuk bertindak bila diperlukan.

Ini membawa kita ke topik artikel ini. Kita akan membahas 7 cara orang  pintar dapat menghadapi orang ‘beracun’ secara efisien dan cepat.

Sadar diri

Psychology Today mendefinisikan istilah ini sebagai “penilaian yang akurat dan pemahaman tentang kemampuan dan preferensi serta implikasinya terhadap perilaku Anda dan dampaknya pada orang lain”.

Rasa kesadaran diri yang tajam juga merupakan alat pencegahan yang sangat hebat dan penting. Menjadi sadar diri memungkinkan kita untuk mengakui, memahami dan memperhitungkan pengaruh internal atau eksternal yang mengancam untuk “melepaskan kita dari permainan”.  Tentu saja, ini termasuk cara ampuh menangani orang-orang beracun.

Mereka pamaaf, tapi tidak pelupa

Kecerdasan otak bukanlah satu-satunya penentu intelek. Intelijen bersifat multifaset. Karena berkaitan dengan penanganan orang beracun, kecerdasan emosional-lah yang mengambil peran.

Orang yang cerdas secara emosional mengerti bahwa pengampunan atau  memaafkan orang lain sebagai komponen penting dari kesejahteraan psikologis. Namun, mereka juga memahami pentingnya tidak melupakan orang-orang yang mengkhianati kepercayaan mereka. Kecerdasan ini memungkinkan orang untuk memfokuskan usaha mereka membangun hubungan dengan individu yang benar dan dapat dipercaya.

Tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitar

Janganlah kita menipu diri sendiri: tidak mudah untuk tetap bersikap netral secara emosional saat berada di antara orang-orang beracun. Namun, ini adalah kebutuhan mutlak. Ketahanan adalah atribut kecerdasan emosi, yang harus diterapkan, terutama dengan orang beracun.

Dalam definisi orang-orang cerdas, ketahanan sebagai “kualitas yang tak terlukiskan yang memungkinkan beberapa orang untuk kembali lebih kuat dari sebelumnya”.

Jangan salah, orang beracun menyebabkan banyak orang “terjerumus”,  tapi ketahanan memungkinkan orang cerdas untuk kembali kuat dan tidak terpengaruh.

Cepat dalam mengambil  tindakan

Orang pintar sering memiliki kemampuan bawaan untuk tetap produktif dan efektif.  Ketika orang pintar mendeteksi orang beracun, mereka akan melakukan tindakan yang tepat, cepat dan efektif. Untuk mengakhiri hubungannya dengan orang beracun, mereka akan segera mengurangi ancaman yang dapat mempengaruhi dan menuruunkan kemampuan tersebut.

Fokus pada tugas yang ada di hadapannya

Ketika sampai pada hal itu, orang-orang beracun hanyalah gangguan eksternal lainnya. Persepsi ini tidak mengurangi rasa kemanusiaan, ini realistis dan adil. Bahkan, banyak orang beracun berniat untuk mengalihkan perhatian orang lain dengan kejenakaan mereka.

Orang pintar tidak membiarkan izin gangguan seperti itu. Mereka akan fokus pada apa yang ada di depan mereka dan terus berlanjut dan berusaha terlepas dari pengaruh buruk orang-orang di sekitar mereka.

Mencari sistem pendukung mereka

Seperti disebutkan, orang pintar sering suka berhubungan atau berkumpul dengan individu yang mencari kehidupan yang lebih baik untuk diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai. Kemungkinan besar orang-orang semacam itu memahami pentingnya bimbingan dan kerja tim.

Ketika dihadapkan pada tantangan orang (atau sekelompok orang) beracun, orang-orang cerdas akan masuk ke dalam kumpulan orang yang mereka percaya untuk memperbaiki situasi. (sparkofgoodness.com/Intan)

Share

Video Popular