Erabaru.net – BMKG telah melaporkan kejadian gempa bumi dengan kekuatan 5 SR pada Senin (29/5/2017) pada pukul 04.54.04 WIB. Tak ada terjadinya korban jiwa dan tak berpotensi tsunami, hanya saja warga panik berhamburan keluar rumah.

Laporan BMKG, gempa terjadi Aceh tepatnya berada 27 Km BaratLaut Kabupaten Gayo Lues, 44 Km TimurLaut Kabuapten Aceh Barat Daya dan 53 Km Tenggara Kabupaten Aceh Tengah.Gempa dengan kekuatan 5.0 SR berada dalam kedalaman10 Km.

“Gempa ini dirasakan kuat sekitar 5 detik. Sebagian masyarakat Gayo Leus sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Guncangan dirasakan keras karena pusat gempa di darat dan dangkal,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya di Jakarta.

Sutopo dalam keterangannya menyebutkan gempa juga dirasakan cukup keras hingga sedang oleh masyarakat di Kabupaten Bener Meriah dan Bireun.

Berdasarkan peta gempa dirasakan di Gayo Leus II-III MMI, Bener Meriah II-III MMI dan Bireun II-III MMI.

Hingga kini berdasarkan laporan, belum ada laporan terkait dampak gempa. BPBD Galo Leus masih melakukan pendataan. Jika mengacu pada peta gempa dirasakan diperkirakan gempa tidak memberikan dampak merusak secara signifikan.

“Gempa ini tidak berpotensi Tsunami,” pungkas Sutopo. (asr)

Share

Video Popular