Erabaru.net. Selama ini pembangunan jembatan lintas laut merupakan bangunan dengan teknik kontruksi yang tidak biasa.

Selain kokoh dan stabil, jembatan ini berperan penting sebagai penghubung dua negara, sehingga dua  negara yang terpisahkan oleh laut ini bisa hilir mudik tanpa halangan.

The Øresund Bridge (Øresundsbroen-bahasa Denmark) yang terletak di antara Kopenhagen, Denmark dan kota Malmo, Swedia, adalah jembatan berkabel dengan beban terberat di dunia. Namun itu bukan point yang paling menarik dan spektakuler.

Mari kita saksikan dulu jembatan lintas laut hasil rancangan arsitek terkenal asal Denmark, George KS Rotne.

Jembatan Øresund dibangun bersama antara Denmark dan Swedia, menghabiskan total sekitar 160 miliar NTD atau setara dengan Rp. 68,8 triliun, panjang total hingga 12 kilometer. Tapi, jika Anda melihatnya dari udara, akan segera anda temukan, “Hei, kenapa baru sampai perjalanan, jembatan besar itu tiba-tiba lenyap dari pandangan?”

Ternyata inilah letak jembatan Oresund yang paling spektakuler, karena jembatan berkabel sejauh hampir 8 km ( 5 mil) ini juga menghubungkan sebuah pulau buatan. Kerennya, di bawahnya juga terdapat sebuah terowongan yang jaraknya mencapai 4 km (2,5 mil) yang menghubungkannya ke negara lain.

Uniknya lagi, di ujung permukaan laut jembatan tersebut, perancangnya juga membuat sebuah pulau buatan dari bahan kerukan dasar laut. Sebagian besar terowongan dibangun dari elemen beton cor di darat. Ada lagi, tumbuh-tumbuhan yang terdiri dari lebih 500 jenis tanaman.

Jadi saat melewatinya dengan kendaraan, kita bisa menikmati tanaman hijau yang indah, kemudian baru menembus ke terowongan lain menuju ke negara lain.

Baca halaman selanjutnya…

Share

Video Popular