Erabaru.net. Selama masa kanak-kanak kita membangun dasar  hidup kita, yang bergantung pada tubuh dan pikiran agar berkembang secara sehat dan bahagia setelah kita dewasa nanti. Itulah sebabnya hal-hal tertentu yang biasa dilakukan oleh  orang tua sangat terukir jelas dalam benak kita, baik kenangan positif ataupun negatif.

Berikt 5 hal yang selalu diingat anak-anak tentang perilaku orang tua :

Bentakan / makian

(Foto: Shutterstock)

Konflik akan selalu ada selama kita hidup di dunia ini. Yang membedakan adalah bagaimana cara kita menyikapi  konflik tersebut. Sayangnya, saat ini banyak orang tua berpikir bahwa bentakan atau makian merupakan alat yang efektif untuk mendidik anak.

Mula-mula mungkin kita berhasil membuat anak taat, tapi kenyataannya kita mengajarinya untuk takut dan bukannya patuh serta hormat. Seiring berjalannya waktu, bentakan atau makian justru membuat anak-anak kita menganggap harga diri mereka rendah.

Hidup berdampingan dengan kedua orang tua

(Foto: ZoneCreative | Shutterstock)

Ini adalah fakta, apa yang anak lihat di rumah bersama orang tuanya akan selalu dikenangnya. Diskusi dan masalah antara orang tua yang dapat menyebabkan kesedihan, yang membuat konflik, termasuk penggunaan kekerasan, mungkin terlihat masih umum dalam kehidupan pasangan.

Namun, jika itu terjadi, sebaiknya jangan lakukan semua itu depan anak-anak, karena dapat membentuk sikap yang akan dia lakukan nanti, saat dia bersama pasangannya kelak, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Merasa dilindungi

(Foto: Shutterstock)

Rasa aman yang didapat seorang anak saat berada dekat dengan orang tuanya, membantu dia merasa siap untuk belajar dan menjelajahi dunia yang belum dikenalnya.

Penting juga bagi orang tua untuk mendengarkan ketakutan anak-anak mereka dengan penuh perhatian, tanpa mengkritik mereka terlebih dahulu, dan menjelaskan bagaimana cara yang harus mereka lakukan untuk menghadapinya.

Kurang perhatian

(Foto: Shutterstock)

Semua orang tua di dunia ini, termasuk Anda, pasti berusaha memberikan yang terbaik buat  buah hatinya. Namun sebenarnya, mereka akan lebih bahagia saat Anda menghabiskan waktu bersamanya dan mencurahkan perhatian lebih banyak daripada membelikan barang-barang yang diinginkah sang anak.

Nilai  kekeluargaan

(Foto: Shutterstock)

Ketahuilah jika orang tua selalu menempatkan keluarga sebagai prioritas utama. Mereka akan mengajari anak-anaknya tentang nilai kesetiaan, rasa memiliki dan kasih sayang. Ketika mereka dewasa, mereka akan tahu bagaimana mengucapkan terima kasih atas semua momen yang mereka habiskan sebagai sebuah keluarga, dan akan lebih berterima kasih lagi kepada orang tua mereka saat mereka tua nanti.( perfecto.guru/Intan)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular