Erabaru.net. Awalnya Apple perlu berjuang untuk menjual smartwatch Apple. Butuh beberapa waktu sebelum perusahaan raksasa teknologi global itu akhirnya resmi mengungkapkan jumlah penjualan produk jam tangan pintar mereka. Hingga sekarang, produk itu sudah menjadi salah satu produk populer Apple di dunia, sehingga tidak diragukan lagi kualitas produknya.

Menurut sebuah laporan CNBC, CEO Tim Cook terlihat memakai jam tangan pintar versi terbaru yang dilengkapi fitur  glukosa atau gula darah di sekitar gedung perusahaan Apple. Fitur ini memang baru dimasukkan ke dalam Apple Watch, yang berpotensi menjadi cara non-invasif untuk pengecekan gula darah. Cook sendiri menyebutkan dalam sebuah acara di University of Glasgow Februari lalu bahwa dia “telah memakai jam tangan pintar tersebut terus menerus selama beberapa minggu.”

(Foto : Tua Ulamac/Flickr)

Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling umum di dunia, diperkirakan 422 juta orang di dunia menderita penyakit ini. Berangkat dari fakta tersebut, Apple menginisiasi untuk merilis smartwatch atau jam tangan pintar yang dapat memantau kadar glukosa dengan mudah. Fitur ini sendiri adalah perbaikan dari metode pengecekkan kadar glukosa dalam darah modern, dimana dulu alat yang digunakan masih bersifat konvensional dan menyakitkan, karena harus disuntik dahulu untuk mengambil sampel darahnya.

Apple bukanlah inisiator pembuatan teknologi yang bisa membantu penderita diabetes. Penelitian lainnya yaitu lensa kontak cerdas (smart contact lens) yang bisa memantau kadar glukosa sekaligus memberikan pengobatan. Ada juga aplikasi yang memungkinkan seorang pasien dapat mengatur kadar hormon insulin dalam tubuh melalui smartphone. Semua ini menunjukkan bagaimana kemajuan teknologi modern yang dikembangkan untuk pengobatan penyakit manusia di masa kini.( futurism.com/Intan)

Share

Video Popular