Erabaru.net. Rambut putih atau uban dan keriput adalah tanda-tanda awal penuaan, padahal sebelum secara fisik atau penampilan luar kita menjadi tua, fungsi dari beberapa bagian tubuh kita telah mulai melemah. Berikut ini adalah jadwal penuaan dari beberapa organ tubuh manusia.

Kapasitas (organ) paru-paru : Mulai menurun  di usia 20 tahun.

Kapasitas paru-paru mulai menurun secara bertahap sejak usia 20 tahun, sampai pada usia 40 tahun, beberapa orang sudah mengalami sesak napas. Sebagian karena otot dan rongga dada yang mengontrol pernapasan menjadi kaku, sehingga membuat pergerakan paru-paru semakin berat. Selain juga beberapa udara akan tertinggal di dalam paru-paru setelah bernapas, yang mengakibatkan sesak napas.

Otak : Neuron mulai berkurang sejak usia 20 tahun.

Ketika kita lahir ke dunia, jumlah sel-sel saraf otak (neuron) mencapai sekitar 100 miliar, tapi mulai menurun secara bertahap sejak usia 20 tahun. Sampai pada usia 40 tahun, sel-sel saraf mulai berkurang dengan kecepatan 10,000 sel per hari, sehingga berdampak pada fungsi memori, koordinasi dan fungsi otak.

Payudara : Mulai menua di usia 35 tahun.

Setelah menginjak usia 35 tahun, jaringan payudara dan lemak kaum wanita menua, ukuran dan kepadatan payudara menurun tajam. Dan ketika memasuki usia 40 tahun, payudara mulai kendur, lembek, dan terkulai, areola (area gelap di sekitar puting payudara) menyusut drastis.

 Jantung : Mulai menua di usia 40 tahun  

Seiring dengan kondisi fisik yang semakin menua, efektivitas jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh juga ikut mulai menurun. Rasio kemungkinan Laki-laki yang berusia lebih dari 45 tahun dan perempuan di atas usia 55 tahun terkena serangan jantung relatif tinggi.

Ginjal: Mulai menua di usia 50 tahun.

Kapasitas filtrasi ginjal mulai berkurang di usia 50 tahun, filtrasi ginjal dapat menyaring limbah dalam aliran darah, konsekuensi menurunnya kapasitas filtrasi ginjal adalah kehilangan fungsi menahan urine di malam hari, sehingga perlu ke kamar mandi berulang-kali. Kapasitas filtrasi ginjal manula usia 75 tahun adalah setengahnya dari orang sehat usia 30 tahun.

Usus: Mulai menua di usia 55 tahun.

Usus yang sehat dapat memainkan peran yang baik dalam menyeimbangkan antara bakteri berbahaya dan bakteri “baik.” Jumlah bakteri baik dalam usus mulai berkurang setelah memasuki usia 55 tahun, imbasnya fungsi pencernaan menurun tajam, dan risiko terkena penyakit juga meningkat. Seiring dengan bertambahnya usia, aliran cairan pencernaan dari lambung, hati, pankreas, usus halus mulai menurun, dan risiko terjadinya sembelit juga semakin tinggi.

Hati : Mulai menurun di usia 70 tahun.

Hati mungkin satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat menantang proses penuaan, karena kemampuan regenerasi sel-sel hati sangat kuat. Jika anda tidak minum minuman keras, tidak merokok, atau belum pernah menderita penyakit menular, maka donor organ hati seseorang yang berusia 70 tahun juga dapat ditransplantasikan ke orang-orang muda usia 20 tahun.  (Li Ci/ Jhony/rp)

Sumber: Secretchina

Share

Video Popular