Erabaru.net. Dulu, saat Charles Chen, seorang koki dan pengusaha menimbang berat badannya, hasilnya selalu menunjukkan angka 130 kg. Pada usia 15 tahun, dia divonis memiliki resiko terkena diabetes dan penyakit jantung akibat obesitasnya.

“Ketika saya masih muda, orang-orang mengejek dan memanggil saya gemuk, karena kelebihan berat badan yang saya derita. Saat itu, dokter mengatakan kepada saya bahwa jika saya tidak menurunkan berat badan, saya akan mati muda. Saya tidak ingin mati muda dan saya tidak ingin menderita penyakit jantung. Saat itu, saya kadang-kadang terbangun di tengah malam karena kesulitan bernafas. Saya menyadari bahwa saya tidak bisa terus seperti ini. Saya harus makan lebih sehat, “kenangnya.

Hari ini, dia telah berada dalam kondisi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana dia melakukan transformasi drastis ini? Dia mengkombinasikan olahraga teratur dan makan sehat.

Selama bertahun-tahun, Chen berhasil menurunkan 50 kg berat badan. Dan dia akhirnya menjadi koki yang mengkhususkan diri untuk memasak masakan sehat.

“Koki tradisional selalu menggunakan krim, mentega, tapi saya beri tahu bahwa mereka bisa menggunakan minyak kelapa, santan, rasanya tidak terlalu berbeda jauh tapi jelas lebih sehat. Untuk buah-buahan, seseorang harus makan stroberi atau beri yang mengandung kadar gula rendah. Beberapa orang makan pisang setiap hari, namun pisang sebenarnya bisa membuat Anda bertambah gemuk. Jika Anda makan nasi, lebih baik makan nasi multi biji, atau quinoa, yang juga sangat sehat. Kembang kol juga bisa digunakan untuk mengganti nasi, “katanya.

Chen mengatakan gaya hidup lebih sehat tidak akan terjadi dalam semalam. Cara terbaik adalah mengambil langkah demi langkah.

“Ada baiknya melakukannya secara rutin, misalnya berjalan kaki, atau naik tangga dan bukannya elevator. Ini hanyalah hal-hal kecil namun bisa membantu Anda menjadi lebih energik. Saya bahkan merekomendasikan Anda untuk pergi ke pasar daripada ke mall, agar menghindari makanan junk food atau makanan cepat saji, dan supaya bisa mendapatkan bahan makanan yang lebih segar dan sehat,” sarannya.

Chen terus membagikan resep sehat dan saran kesehatannya kepada dunia. Dia telah membagikan ilmunya ke banyak media. (ntd/intan/jul)

Share
Tag: Kategori: Gaya Hidup VIDEO

Video Popular