Erabaru.net  – Sebuah video viral menampilkan cara memasak unik yang digunakan Sutharat untuk memasak hidangan Ayam Solar. Tidak lama setelah itu, permintaan ayam yang dimasak menggunakan sinar matahari itu melonjak tinggi.

Sebelum ini, bisnis Ayam Solar yang telah dilakukan sejak 20 tahun lalu hanya dijual kepada penduduk lokal.

Apakah yang membuat Ayam Solar ini istimewa? Apakah ini lebih enak?


Walapun dia terpaksa memakai alat perlindungan khusus untuk melindungi dirinya dari panas, teknik membakar ayamnya memberikan hasil yang memuaskan.

Ayam yang dibakar menggunakan cara ini disebut lebih matang dibandingkan dengan cara membakar menggunakan arang. Daging ayam pun lebih lembut dan itu hanya membutuhkan waktu 12 menit untuk dimasak.


Selain itu, cara memasak tersebut merupakan cara memasak yang melindungi dan melestarikan alam lingkungan. Apalagi menggunakan sumber alam yang sangat mudah ditemukan, terutama di Thailand di mana sinar matahari terus menyinari hampir setiap hari.


“Mereka bilang saya sudah gila, mereka katakan membakar ayam seperti ini mustahil dilakukan,” katanya.

Meskipun diprotes berbagai kalangan, Sutharat tetap melanjutkan usahanya dan, lama kelamaan, dia membuktikan bahwa itu bisa dilakukan.

“Setelah beberapa lama waktu berlalu, mereka mengatakan pula, ‘sebenarnya, Anda bisa melakukannya,'” kata Paman Sutharat kepada AFP.

Jika Anda berencana untuk ke Thailand, jangan lupa untuk singgah ke warung Sutharat untuk merasakan sendiri hidangan unik ini. Lokasinya terletak di wilayah Phetchaburi, dua jam perjalanan ke selatan Bangkok.

Pernahkah Anda mendengar cara luar biasa yang lain untuk memasak ayam? Bagikan kisah Anda dengan kami di halaman Facebook kami. (Erabaru.com.my/asr)

Share

Video Popular