Erabaru.net. Meskipun tidak terlihat dengan mata telanjang, hormon yang ada dalam tubuh kita sangat kuat dan dapat memiliki efek besar pada kesehatan dan suasana hati. Hanya sejumlah kecil hormon tertentu yang berada di atas atau di bawah level normal, akan dapat menyebabkan perubahan besar pada sel atau bahkan di dalam keseluruhan tubuh.

Sebenarnya, hormon sangat mempengaruhi persepsi kita tentang berbagai hal, seperti cara kita bertindak, keputusan yang kita buat, dan cara kita menjalani hidup. Bahkan hormon juga dapat mendikte hampir setiap fungsi di tubuh kita, dan mempengaruhi banyak proses seperti pertumbuhan, perkembangan, metabolisme, fungsi seksual, reproduksi tubuh, termasuk juga mood.

Jika Anda mencurigai ada yang tidak beres dengan hormon Anda, Anda harus melakukan tes laboratorium tertentu yang membantu mengukur kadar hormon dalam darah, air seni, atau air liur Anda.

Hormon & Neurotransmiter

Hormon dan neurotransmiter adalah duo senyawa kimia kuat yang memiliki dampak besar pada perasaan dan emosi kita, baik emosi positif seperti kebahagiaan, kedamaian, kegembiraan; ataupun emosi negatif, seperti kemarahan, kesedihan, atau depresi.

Neurotransmiter adalah jenis senyawa kimia lain, zat kimia otak yang bertanggung jawab untuk melakukan komunikasi timbal balik antara tubuh dan otak Anda. Selain itu, senyawa kimia ini juga mengirimkan sinyal antara sel saraf dan neuron.

Selanjutnya, neurotransmiter berkomunikasi dengan reseptor juga, yang dapat ditemukan di seluruh tubuh dan otak untuk mengatur berbagai aktivitas yang melibatkan perasaan dan emosi, yang  meliputi: kesenangan, ketakutan, kegembiraan, kemarahan, mood, emosi, dan persepsi rasa sakit. Juga penting untuk diketahui bahwa meskipun hormon dan neurotransmitter adalah dua jenis senyawa kimia yang berbeda, ada beberapa molekul yang berfungsi sama pada keduanya.

Kecerdasan Emosional

Kemampuan untuk mengenali dan mengendalikan emosi seseorang dan emosi orang lain, dikenal sebagai kecerdasan emosional. Untuk mencapai kecerdasan emosional, Anda perlu menyelam jauh ke dalam diri dan mengenali apa yang sedang terjadi di dalam diri Anda, lebih mengenal diri Anda sendiri, dan belajar untuk merasakan emosi dan perasaan orang lain juga. Anda harus belajar mengendalikan emosi dan tidak membiarkan orang lain mengambil alih pikiran Anda. Anda adalah orang yang bertanggung jawab atas pikiran Anda sendiri dan sudah saatnya Anda belajar bagaimana membuat emosi bekerja untuk Anda dan bukan sebaliknya.

Terdapat Empat Neurotransmiter Utama

Ini bukan daftar definitif dari neurotransmiter, karena sebenarnya ada banyak jenis senyawa kimia di otak kita. Keempat neurotransmiter dibawah ini hanyalah beberapa neurotransmiter terpenting yang bertanggung jawab untuk membuat Anda merasa benar-benar baik dan bahagia.

Hormon “bahagia” ini meliputi serotonin, dopamin, oksitosin, dan endorfin. Mari kita kupas satu per satu tentang keempat hormon berikut:

petrotimes
  1. Serotonin: hormon ini dikenal sebagai “molekul kepercayaan” karena perannya dalam meningkatkan perasaan layak dan menciptakan rasa memiliki.
  2. Dopamin: Dopamin memungkinkan kita merasa dihargai dan senang akan diri sendiri dan prestasi kita, serta saat kita berhasil mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Juga, ketika kita ingin merasakan kenikmatan, tingkat dopamin mulai meningkat.
  3. Oksitosin: Dikenal sebagai “hormon cinta” atau “hormon berpelukan”, oksitosin benar-benar kuat dan berperan besar dalam perilaku manusia, termasuk hubungan ibu-anak, ikatan pasangan, kemurahan hati, dan empati. Hormon ini juga meningkatkan rasa loyalitas dan kepercayaan.
  4. Endorfin:   Senyawa kimia ini membantu meringankan rasa sakit dan menstimulasi perasaan senang atau euforia. Endorfin juga disebut sebagai “runner’s high“, karena mempromosikan kebahagiaan dan membantu orang mengatasi rasa sakit dan tekanan yang luar biasa. Hormon ini juga berfungsi untuk melawan rasa lapar dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara Meningkatkan Hormon Bahagia Anda Secara Natural

Setelah mengetahui informasi bermanfaat tentang hormon mana yang mendorong perasaan bahagia dan positif, kini waktunya beralih untuk membahas  bagaimana cara meningkatkan tingkat “hormon bahagia ini.” Dengan sedikit usaha, Anda akan berhasil mendorong produksi hormon “bahagia” dengan cara yang benar-benar alami.

  • Bergaul dengan orang yang Anda cintai dengan lebih sering. Menghabiskan waktu berkualitas bersama teman dan keluarga, berbicara, berpelukan, bermain-main, dan berpegangan tangan akan membantu meningkatkan kadar oksitosin. Selain itu, memelihara hewan peliharaan juga bukan ide buruk.
  • Tersenyum lebih sering!  Tersenyum bisa menjadikan Anda lebih baik dan bahagia! Bahkan jika Anda tidak ingin tersenyum, cobalah melakukannya sesering mungkin. Ternyata, tidak peduli apakah itu asli atau hanya dipaksakan, senyuman dapat mendorong aktivitas otak untuk merasakan kebahagiaan secara spontan. Otak Anda tidak bisa membedakan keduanya. Oleh karena itu, bahkan jika hanya pura-pura tersenyumpun, Anda akan menipu otak untuk menghasilkan hormon yang menyebabkan kebahagiaan sejati. Tersenyum juga melawan emosi negatif, stres dan depresi.
  • Bersyukur atas semua yang Anda miliki. Jangan serakah dan berhenti mengeluh tentang hal-hal yang tidak Anda miliki. Sebagai gantinya, belajarlah untuk bersyukur atas apa yang Anda miliki dan hal-hal yang telah Anda capai dalam kehidupan. Semakin Anda mulai menghargai hal-hal baik di sekitar Anda, semakin bahagia dan lebih puas Anda akan diri sendiri.
  • Santaikan diri Anda dengan melakukan pijat   – Jika Anda sedang libur, Anda dapat mencoba untuk pijat refleksi, karena pijat refleksi dapat  membantu Anda rileks sepenuhnya, serta mengurangi tingkat stres pada saat bersamaan. Hal ini dapat menurunkan hormon kortisol dan meningkatkan hormon “bahagia” seperti dopamin dan serotonin.
  • Jangan menahan perasaan yang mengganjal sendiri! Jika Anda memiliki perasaan yang mengganjal dalam hati, lebih baik jika Anda  ungkapkan perasaan dan pikiran Anda dengan keras dan jelas. Anda seharusnya tidak pernah menahan apapun sendirian, baik emosi positif maupun negatif, tawa atau air mata. Menyimpan perasaan tersebut sendirian akan membuat Anda merasa terbebani. Biarkan diri Anda tertawa dan menangis sebanyak dan sesering yang Anda butuhkan. Keduanya dapat membuat Anda merasa lega. Meskipun tawa sejatinya memang merangsang produksi hormon bahagia, namun air mata ternyata juga dapat melakukan hal serupa. Karena begitu Anda selesai menangis, otak Anda menghasilkan hormon endorfin dalam jumlah tinggi.
  • Biarkan cahaya matahari masuk   – Meskipun saran ini adalah hal yang umum, ini sangat penting bagi kita, manusia. Dengan membuka diri terhadap sinar matahari, Anda akan merangsang produksi hormon melatonin, yang membantu memperbaiki pola tidur Anda. Apalagi, semakin banyak sinar matahari yang Anda terima, semakin banyak pula hormon serotonin yang dihasilkan otak Anda.
theconversation

Tips Tambahan

  • Belajar keterampilan baru: Mendaftar di kursus bahasa asing, belajar memainkan alat musik atau permainan baru, atau belajar bagaimana merajut.   Apa pun hal baru yang belum pernah Anda lakukan, dapat  sangat mengasyikkan bagi otak Anda.
  • Mengkonsumsi makanan yang meningkatkan kebahagiaan : Beberapa makanan memiliki efek yang luar biasa pada suasana hati Anda dan dapat membuat Anda merasa lebih bahagia. Hal ini disebabkan kemampuan zat makanan tersebut untuk merangsang hormon “bahagia” di seluruh tubuh. Makanan yang dapat meningkatkan kebahagiaan antara lain makanan pedas, karbohidrat, coklat, biji, dan kacang-kacangan.
  • Aromaterapi:   Bau bisa memiliki efek kuat pada suasana hati dan persepsi kita. Mereka bisa membangkitkan reaksi emosional yang kuat, membuat kita merasa nyaman dan aman. Selain itu, bau yang menyenangkan dapat meningkatkan mood dan rasa kesejahteraan kita secara signifikan. Temukan lilin wangi, parfum, bunga atau aromaterapi yang dapat menyenangkan dan membuat Anda rileks, dan letakkan di sekitar rumah Anda untuk merangsang kebahagiaan melalui indera penciuman Anda.
  • Dengarkan musik : Beberapa orang merasa terhibur dengan mendengarkan musik, atau menggunakan musik sebagai cara untuk bersantai, sementara yang lain menemukan musik sebagai sumber kebahagiaan dan motivasi sejati. Ada musik yang memang diciptakan untuk semua orang, ada juga musik yang mampu mewakili setiap emosi yang Anda alami. Mulailah menentukan jenis musik apa yang Anda suka, dan dengarkanlah agar dapat meningkatkan mood Anda.
  • Mulailah berolahraga atau setidaknya lebih aktif   – Ini adalah salah satu aturan utama kehidupan bahagia, terlepas dari Anda suka atau tidak. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda harus melakukan beberapa latihan yang sangat sulit, dan Anda tidak harus berolahraga setiap hari. Anda hanya perlu memulai dari suatu tempat. Berjalan sederhana di taman, beberapa latihan yoga yang mudah, ataupun menari, bisa sangat membantu. Mulailah bergerak lebih aktif agar hormon endorfin Anda dapat meningkat

Kesimpulan – Temukan Keseimbangan Anda Sendiri

Kita dapat mengubah senyawa kimia otak kita sendiri dan memperbaiki kesejahteraan kita. Sebenarnya, setiap orang mampu mencapai potensi tertinggi mereka dengan membuat perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kita hanya harus belajar bagaimana memperhatikan perilaku sadar kita, dan kita semua akan berhasil memperbaiki diri dan persepsi terhadap dunia di sekitar kita.(sparkofgoodness/intan/jul)

Share

Video Popular