Merek terkenal Jepang yaitu Muji baru-baru ini telah mengungkapkan desain menarik dalam membangun rumah siap pasang berukuran sembilan meter persegi yang diperkirakan akan dipasarkan pada akhir tahun ini.

Rumah yang disebut The Muji Hut dikatakan akan mulai dipasarkan di Jepang pada Agustus 2017 seharga 3 juta yen.

Desainnya yang bersifat minimalis bisa ditempatkan di berbagai lokasi serta dijadikan sebagai rumah permanen atau rumah penginapan tergantung pada keinginan pembeli.

Merek Muji turut menyiapkan serangkaian model rumah seperti kabin siap pasang yang dirancang oleh Naoto Fukasawa, Konstantin Grcic dan Jasper Morrison.

“Anda dapat menempatkan rumah kecil ini apakah di daerah pegunungan, dekat pinggir pantai maupun di dalam taman, itu tetap sesuai dengan lingkungan sekitar,” ujar merek tersebut dilansir dari dezeen.com.

Rumah mini ini terbuat dari kayu Jepang dengan ukuran luas sembilan meter persegi serta dilengkapi dengan pintu cermin dan jendela kecil yang memungkinkan ventilasi dan masuknya pencahayaan.

Pada bagian luar pula, teknik dikenal sebagai shou sugi ban telah ditempatkan pada dinding kayu untuk menjamin ketahanan kayu serta membuatnya tahan api dan agar tak dimakan rayap yang membantu mempercepat proses pelapukan.

Selain itu, rumah tersebut juga dibangun di atas beton yang bertindak melindungi dari kelembaban tanah agar struktur rumah tetap kokoh meskipun pada jangka waktu yang panjang.

“Meskipun dalam lingkungan yang tidak bersih, lantai kayu yang licin ini akan memudahkan pekerjaan pembersihan. Bahkan, Anda juga dapat menempatkan karpet sesuai selera Anda.”

Harga penjualan The Muji Hut meliputi segala bahan-bahan yang diperlukan untuk membangunnya selain biaya kontraktor.  Namun, merek ini belum berencana untuk mengembangkan pasar rumah mini ini ke luar negeri.

Penghujung tahun lalu, Muji telah mempersembahkan model rumah siap pasang tersebut di mana ia diuji dengan mengorganisir turnamen memungkinkan pemenang tinggal di rumah tersebut secara gratis.

Melalui Dezeen, Muji berhasil mendapat peringkat ke 26 dari 400 desainer, arsitek dan merek lainnya. (Erabaru.com.my/asr)

Share

Video Popular