Erabaru.net. Panda seperti kita tahu adalah hewan endemik Tiongkok, mereka sangat gemar memakan bambu, dalam satu hari, seekor panda bisa menghabiskan hingga 15 kg bambu.

NatGeo

Panda memiliki ciri khas yaitu warna tubuh yang terdiri atas hitam dan putih.

Menurut filosofi Tiongkok, panda dianggap sebagai hewan yang melambangkan keseimbangan antara yin dan yang (dualisme alam semesta menurut aliran Tao dari Tiongkok), karena warnanya yang hitam dan putih, hitam melambangkan yin, putih melambangkan yang.

ozone.bg

Beberapa organisasi dunia juga menggunakan panda sebagai maskotnya, karena dia dianggap sebagai hewan yang tidak rasialis; dia hitam, dia putih, dan dia juga Asiatik.

http://na-zametky.ru

Ada cerita unik tentang asal muasal warna hitam di tubuh seekor panda. Beginilah ceritanya:

Di masa lalu panda hanya mempunyai warna putih di tubuhnya, dia senang bermain di hutan sambil menikmati hidup dan memakan makanan kesukaannya yaitu bambu.

googleusercontent.com

Suatu hari ada seorang gadis kecil yang sedang bermain, dia bermain hingga cukup jauh dari rumahnya, dan sampailah dia ke tengah hutan, di tengah hutan dia bertemu dengan si panda yang sedang asik makan bambu.

Kemudian mereka menjadi sahabat baik.

Setiap hari gadis kecil ini akan bermain ke dalam hutan dan bermain dengan si panda, dan baru pulang pada sore hari.

walldevil.com

Suatu hari, gadis kecil ini jatuh sakit dan akhirnya meninggal. Si panda yang mendengar kabar tersebut merasa sangat sedih, dan dia ingin datang ke perkabungan sahabatnya itu.

Ketika akan pergi, dia ragu melihat tubuhnya yang hanya berwarna putih, terlihat jelas bahwa dia telanjang, kemudian dia mewarnai tubuhnya dengan arang hitam, di bagian kaki, tangan dan di bagian telinga, supaya terlihat seolah dia mengenakan suatu pakaian berwarna hitam.

Setelah itu berangkatlah dia.

Setibanya di tempat perkabungan, si panda sangat sedih ketika melihat sahabatnya dibaringkan di peti jenazah, dia pun tak kuasa menahan tangisnya.

Dia menangis sambil mengucek matanya, dan akibatnya matanya juga menjadi berwarna hitam.

render.fineartamerica.com

Untuk tetap mengenang sahabatnya, dia tidak mau menghapus warna hitam dari tubuhnya, dan sejak itu, panda memiliki warna hitam di kaki, tangan, telinga, dan matanya, seperti warna yang bisa kita lihat sekarang di tubuh seekor panda. (jul)

Share

Video Popular