Erabaru.net – Nama Amien Rais disebut tercantum dalam dakwaan tuntutan yang dibacakan oleh Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Negeri Tipikor, Jalan Bungur, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2017).

Dakwaan yang dibacakan terkait terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari atas  korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) 2005 pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan.

Menurut Jaksa KPK, rentetan aliran dana bersumber dari Mitra Medidua Suplier PT Indofarma Tbk dalam pengadaan alkes dengan PAN yaitu Soetrisno Bachir, Nuki Syahrun, Amien Rais, Tia Nastiti (anak Siti Fadilah) maupun Yayasan Soetrisno Bachir Foundation sendiri. PT Indofarma Tbk adalah pemenang proyek ini yang ditunjuk secara langsung oleh Siti Fadilah.

Jaksa KPK dalam tuntutannya, PT Mitra Medidua pada 2 Mei 2006 mengirimkan uang sebesar Rp 741,5 juta. Selanjutnya pada 13 November 2006 mengirimkan sebesar Rp 50 juta ke rekening milik Yurida Adlanini yang merupakan sekretaris pada Yayasan Soetrisno Bachir Foundation.

Disebutkan, ketua Yayasan SBF Nuki Syahrun memerintahkan Yurdia melakukan pemindahan dana kepada rekening politisi PAN, Nuki Syahrun dan Tia Nastiti (anak Siti Fadilah). Disebutkan juga pemindahan dana ini sesuai dengan arahan Siti Fadilah pada saat itu.

Jaksa menyebut bahwa rekening Yurida dipergunakan untuk menampung dana yang masuk kemudian sengaja dicampur dengan dana pribadi dengan maksud menyembunyikan asal-usul dan penggunannya.

Kronologinya, Pada 26 Desember 2006 ditransfer ke rekening Soetrisno Bachir sebesar Rp 250 juta, pada 15 Januari 2007 ditransfer ke rekening Nuki Syahrun sebesar Rp 50 juta, pada 15 Januari 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais sebesar Rp 100 juta, pada 13 April 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais sebesar Rp 100 juta, pada 1 Mei 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais Rp 100 juta dan rekening Nuki Syahrun sebesar Rp 15 juta.

Kemudian pada 21 Mei 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais Rp 100 juta, pada 13 Agustus 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais sebesar Rp 100 juta, pada 2 November 2007 ditransfer ke rekening Tia Nastiti sebesar Rp 10 juta dan M Amien Rais sebesar Rp 100 juta.

Jaksa KPK dalam dakwaannya menuntut Siti Fadilah 6 tahun penjara ditambah denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan ditambah kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp 1,9 miliar subsider 1 tahun kurungan.

Siti Fadilah Supari didakwa merugikan keuangan negara senilai Rp 6,1 miliar dalam kegiatan pengadan alat kesehatan (alkes) guna mengantispasi kejadian luar biasa (KLB) 2005 pada Pusat Penaggulangan Masalah Kesehatan (PPMK). Hal yang menjeratnya yakni melakukan penunjukan langsung (PL) kepada PT Indofarma Tbk.

Atas nama-nama dalam tuntutan Jaksa KPK ini, Amien Rais mengajukan 2 nama tokoh besar ke KPK. Setelah dikonfirmasi wartawan, Amien Rais akan mengelar jumpa pers di Jakarta.  (asr)

Share

Video Popular