Erabaru.net. Sejak Hong Kong menerapkan kebijakan pariwisata bebas bagi turis daratan Tiongkok, buku ‘terlarang’ oleh pemerintah komunis daratan menjadi sangat diminati turis daratan.

Peminat itu termasuk pejabat Partai Komunis Tiongkok/ PKT, yang rupanya justru merupakan pelanggan tetap sebagai turis ke Hong Kong.

Buku-buku terlarang menjadi populer di kalangan turis Tiongkok daratan.

Toko buku kecil namun populer di Causeway Bay telah mendapatkan reputasinya dengan menjual buku-buku terlarang di daratan secara eksklusif selama 10 tahun terakhir.

‘State Organs’, buku yang dilarang beredar oleh pemerintah komunis daratan Tiongkok sangat diminati oleh turis Tiongkok, termasuk pejabat Partai Komunis. (Gambar: Brad T / Vision Times)

Pemilik toko bernama Ziqiang Deng, mengatakan bahwa orang mencari buku yang berbeda dari waktu ke waktu.

Namun, kebanyakan buku-buku yang banyak dicari adalah buku yang berkaitan dengan urusan pemerintahan masa kini.

Ziqiang mengatakan bahwa munculnya buku tentang skandal Gu Kailai (istri Bo Xilai) dan Bo Xilai menjadi sangat populer setelah berita tersebut menyebar.

Buku Terlarang menjadi populer di kalangan turis daratan (Gambar : pixabay / CC0 1.0)

Buku-buku tentang kepemimpinan baru Tiongkok masa Presiden Xi Jinping maupun Presiden Li Keqiang menjadi buku terlaris setelah mereka mulai berkuasa.

Ziqiang mengungkapkan bahwa sekelompok pelanggan dari Tiongkok Daratan rela menghabiskan beberapa ribu dolar untuk membeli buku-buku tertentu.

Mereka juga bertanya bagaimana pembeli yang mayoritas dari Tiongkok daratan  bisa mengirim buku-buku tersebut  melalui pengawasan bea cukai.

Ziqiang mengatakan bahwa mereka bisa melalui bea cukai dengan menunjukkan kartu identitas khusus mereka, karena mereka memang sering datang setiap dua atau tiga bulan ke Hong Kong untuk membeli berbagai buku tentang gosip atau sejarah.

Iia menambahkan, mereka hanya mengumpulkan informasi, karena mereka sering memesan buku berdus-dus, yang kemudian dikirim ke hotel mereka.

Ia menyebutkan bahwa ada pengunjung dari Tiongkok Daratan yang telah membeli buku terlarang untuk dijadikan hadiah sejak buku-buku tersebut dijual di Hongkong.

Adanya budaya di kalangan masyarakat Tiongkok Daratan untuk memberi hadiah kepada para pejabat Partai Komunis Tiongkok.

Dimana dulu kebanyakan hadiah yang diberikan berupa jam tangan atau perhiasan.

Tapi sekarang, menghadiahkan sebuah buku cenderung lebih populer.

Toko buku di Hong Kong memiliki sistem peringkat khusus untuk buku dan majalah terlaris, termasuk majalah Era Baru. (intan/rp)

Sumber: visiontimes.com

Share

Video Popular