Erabaru.net. Di bulan suci Ramadhan, masyarakat muslim wajib menunaikan ibadah puasa, dari subuh hingga maghrib selama satu bulan penuh. Agar kesehatan Anda tetap terjaga dan puasa lancar, Anda harus memperhatikan zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu zat yang penting bagi tubuh adalah zat besi. Anda bisa menemukan zat besi pada sayur-sayuran yang berwarna hijau. Selain itu, ada juga buah Anjeer, atau sebutan lainnya adalah buah Ara atau buah Tin yang mengandung zat besi dan kaya akan mineral dan vitamin seperti fosfor, magnesium, kalsium, Vitamin A dan Vitamin B12. Buah ini banyak ditemukan di India dan wilayah Timur Tengah.

Ada juga anti oksidan yang terkandung dalam buah musiman ini, sehingga membuat buah ini baik untuk kesehatan tubuh secara umum.

Buah anjeer ini biasa ditemukan sebagai buah kering, seperti kurma atau kacang kering. Bagi masyarakat India, buah Anjeer ini bisa juga diolah menjadi menu makanan baru, seperti Anjeer Barfi. Pembuatannya sendiri hanya memerlukan waktu 20 menit saja, sehingga sangat cocok untuk menu buka puasa Anda.

Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan resep untuk membuat Anjeer Barfi :

Sajian : 4 porsi

Bahan :

  • 1 cangkir enjeer kering yang telah dicincang
  • 1 cangkir kurma cincang
  • 2 sdm kismis
  • ½ cangkir kacang kering cincang, seperti pistachio, badam, kacang mete
  • Bubuk kapulaga secukupnya
  • Bubuk kayu manis atau bubuk pala secukupnya
  • 1 sdm ghee (minyak samin)
  • 2 sdm air

Cara pembuatan :

  1. Ambil panci dan panggang kacang kering cincang, aduk sampai renyah dan harum. Lalu sisihkan.
  2. Sekarang tambahkan buah Anjeer kering cincang ke panci yang sama dan tuang sedikit air di atasnya. Masak pada nyala api kecil hingga lembut.
  3. Tambahkan kurma, bubuk kapulaga, bubuk kayu manis atau pala ke dalam panci. Aduk perlahan dan masak sampai adonan lembut, lembek dan lengket.
  4. Tambahkan ghee ke campuran ini. Anda bisa melewati langkah ini jika Anda menggunakan panci anti lengket dan ingin membuat Anjeer Barfi lebih sehat.
  5. Masak adonan tersebut sampai kehilangan semua kelembaban dan menjadi padat. Jika menggunakan ghee, maka akan terpisah dari panci dan campurannya akan membentuk bola.
  6. Ambil piring dan olesi adonan dengan ghee.
  7. Tuang adonan anjeer Barfi ke piring dan ratakan permukaan atasnya. Diamkan beberapa menit, lalu potong kotak dan sajikan.
  8. Anjeer Barfi harus dikonsumsi pada hari yang sama atau bisa bertahan hingga seminggu jika didinginkan dalam lemari es.
  9. Selamat mencoba.(Intan)

Share

Video Popular