Erabaru.net. Kesibukan Anda jangan jadikan  alasan untuk mengkompromika kesehatan Anda. Dalam pengertian modern, seringkali kesibukan berarti melelahkan energi mental, namun kurang memanfaatkan energi fisik. Karena itu, setelah seharian bekerja di kantor, Anda mungkin merasa lelah secara mental, namun tubuh masih akan menanti-nantikan untuk menumpahkan kalori ekstra. Anda membutuhkan tubuh yang kuat dan bebas penyakit untuk menjalani kehidupan yang sukses dan mencapai tujuan yang Anda impikan.

Hidup sehat akhirnya bergantung pada gaya hidup sehat. Bahkan tanpa menghabiskan waktu ekstra, dengan beralih ke beberapa pilihan hidup yang sehat, Anda bisa tetap menjadi sehat. Pada saat yang sama, beberapa praktik kebugaran yang mudah tidak mencuri banyak waktu Anda. Berikut adalah 5 tips mudah agar orang sibuk tetap dapat sehat.

1. Tidur sejenak untuk mengisi ulang energi

dreamers

Pekerjaan seharian bisa melelahkan baik fisik maupun mental. Tidur sebentar sebelum memulai atau saat di tengah pekerjaan dapat memberi efek menyegarkan pada tubuh dan pikiran Anda.Namun, tidur ini tidak boleh melebihi 20 menit, karena jika melebihi, bisa mengganggu tidur malam Anda. National Sleep Foundation merekomendasikan untuk tidur siang di tengah jadwal kerja harian Anda agar dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja Anda.

2. Terlibat dalam kegiatan produktif selama waktu luang

Orang sibuk jarang punya waktu luang. Karena mereka terbiasa dengan jadwal yang sibuk sepanjang waktu, mereka mungkin akan kehilangan banyak gagasan tentang bagaimana menggunakan waktu luang mereka. Selalu siapkan daftar kegiatan yang dapat Anda lakukan selama waktu luang. Daftar ini berisi beberapa kegiatan yang berguna untuk tujuan kesehatan Anda, termasuk meditasi, ngemil sehat, jalan cepat, atau minum sebotol air. Simpan daftar ini di meja kerja Anda di mana Anda dapat dengan mudah melihatnya. Aktivitas semacam ini dapat membantu Anda menyegarkan pikiran dan mengisi ulang energi Anda.

3. Cobalah peregangan sederhana selama menonton program TV

Beberapa program TV membiarkan Anda menonton sambil berolahraga. Tentukan beberapa latihan peregangan sederhana atau beberapa latihan yang dapat Anda lakukan saat menonton TV atau saat jeda iklan. Alih-alih duduk atau bermalas-malasan  di sofa Anda, latihan semacam itu bisa melengkapi jadwal olahraga reguler Anda.

4. Minum Banyak Cairan

jornalcontabil

Sebagian besar pakar kesehatan kerap berbicara tentang hal ini. Seringkali, saat Anda duduk di depan komputer atau meja kerja selama berjam-jam, Anda mungkin merasa kelelahan, keletihan, atau sakit kepala. Selama saat itu, minum saja air karena air dapat  menghilangkan rasa yang menghambat kerja Anda. Seringkali, penyebab utama kelelahan dan sakit kepala adalah kurangnya cairan. Minum lebih banyak cairan juga akan membantu Anda mengatasi banyak masalah kesehatan lainnya. Pada saat bersamaan, pahami bahwa air biasa atau air hangat  adalah alternatif yang jauh lebih baik daripada minum jus dengan pemanis buatan atau minuman berkarbonasi.

5. Komitmenkan diri Anda pada jadwal olahraga yang sistematis

Olahraga adalah suatu keharusan untuk tetap bugar dan sehat, terutama pada saat jadwal Anda terbatas sehingga menyebabkan gaya hidup tak beraturan dan sehat. Jika Anda ingin tetap bugar, maka Anda harus menekankan kualitas, bukan sekadar kuantitas. Ini berarti kita harus melibatkan diri dalam latihan dan aktivitas yang memberikan intensitas maksimal dalam waktu minimum. Saat ini, Anda akan menemukan berbagai macam alat mesin olahraga, seperti sepeda statis, yang membiarkan Anda membakar kalori ekstra tersebut tanpa harus mengunjungi gym. Peralatan fitness dalam ruangan dirancang untuk semua orang dalam keluarga. Mesin ini membiarkan Anda berolahraga sambil menonton TV atau mengerjakan beberapa tugas menarik lainnya.

Selalu bersedia untuk meluangkan sebentar waktu Anda ketika datang ke kantor atau saat jam makan siang. Anda akan menghargai pentingnya kesehatan jika Anda jatuh sakit dan merasa kekurangan semangat dan energi untuk menjalani rutinitas. Karena itu, hari ini adalah hari terbaik untuk memulai gaya hidup sehat Anda.

Namun, jangan pernah lupa bahwa gaya hidup sehat adalah sikap yang harus Anda lalui sepanjang hidup Anda, dan itu bukan hobi di waktu luang. Jadi, terapkanlah secara teratur agar mampu mencapai tujuan kebugaran Anda. (visiontimes/intan/jul)

 

Share

Video Popular