Erabaru.net. Harimau adalah hewan pemakan daging (karnivora) dan merupakan spesies terbesar dalam keluarga kucing.

Selain itu harimau juga adalah binatang yang sangat kuat. Lihat saja otot-otot mereka, dia memang adalah hewan yang gagah dan ditakuti.

Namun, citra ganas yang dimiliki oleh harimau ini, akan hilang saat Anda melihat harimau-harimau yang berbadan gendut alias gemuk di kebun binatang Taman Harimau Siberia, Tiongkok.

Lihat foto harimau Siberia ini.Dua ekor harimau Siberia.

Kebun binatang seluas 144 hektar ini menjadi tempat suaka bagi hewan-hewan yang terancam punah.

Harimau Siberia dapat ditemukan di Timur Laut Tiongkok, Timur Rusia, serta wilayah Timur Mongolia, namun karena semakin banyaknya perburuan, populasi hewan ini semakin menurun jumlahnya.

Walaupun sudah dilakukan usaha pelestarian, hanya ada 530 ekor harimau Siberia yang masih hidup di dunia, dan 20 ekor diantaranya ada di Tiongkok.

Harimau-harimau di Tiongkok ini menarik perhatian para turis yang datang kesana. Mereka terhibur melihat harimau yang gemuk, memberi makan juga mengambil gambar.

Namun, para turis ini tidak mengetahui fakta bahwa binatang buas yang dulunya gesit dan lincah ini, sesungguhnya sedang sakit karena kelebihan makan.

Dulunya mereka bebas berlari di dalam hutan, namun di kebun binatang ini, pergerakan mereka sangat terbatas.

Harimau Siberia disini terlalu gemuk, menyebabkan mereka sulit untuk bergerak

Melihat kenyataan bahwa harimau-harimau ini tidak mampu bergerak bebas, membuat para aktivis pecinta hewan liar menjadi khawatir.

Walau bagaimana pun, pihak kebun binatang meyakinkan semua orang bahwa tidak ada yang perlu dirisaukan. Menurut mereka, adalah normal jika berat badan hewan-hewan ini bertambah di musim dingin, dan berkurang di musim semi.Harimau gemuk di Taman Harimau Siberia, Tiongkok

Namun menurut organisasi pecinta binatang Born Free Foundation berpendapat lain.

“Harimau ini tidak lucu seperti yang Anda lihat, mereka sebenarnya sakit,” sebut  Born Free Foundation.

Menurutnya harimau-harimau itu terlalu gemuk, karena pemberian makanan yang tidak tepat. Melihat hewan-hewan ini mungkin tidak bisa hidup lama jika melihat kondisinya sekarang.“Berdasarkan gambar, harimau-harimau ini jelas mengalami obesitas,” kata wakil dari International Fund for Animal Welfare.

Keadaan hewan-hewan ini akan semakin memburuk jika pihak kebun binatang membuka tempat penjualan daging dan ayam kepada para turis untuk kemudian diberikan kepada harimau-harimau ini sebagai makanan.Netizen yang melihat gambar-gambar ini juga turut mengungkapkan rasa tidak senang mereka.

Lewat twitter, seorang netizen mengatakan, “Harimau segemuk ini perlu bantuan, jika tidak mereka tidak akan hidup lama”.

Masalah utamanya adalah selama turis-turis yang datang memberikan makanan kepada harimau-harimau ini, maka pola makan dari harimau-harimau tersebut akan terganggu. (jul/rp)

Share

Video Popular