Erabaru.net. Adalah suatu fakta bahwa sebagian besar dari kita akan melamun saat sendirian.

Namun, ada beberapa orang yang melamun dengan ‘nyaring’. Dengan kata lain, mereka sesungguhnya sedang berbicara kepada diri mereka sendiri.

Bahkan jika Anda bukan salah satu dari mereka, sangat mungkin bahwa Anda telah bertemu dengan orang-orang yang kerap berbicara kepada dirinya sendiri.

Anda mungkin pernah mendengar mereka berbicara kepada diri sendiri untuk mengingatkan diri mereka sendiri tentang apa yang harus mereka beli dari toko kelontong misalnya. Anda mungkin juga berpikir bahwa orang-orang ini agak gila.

Artikel ini menjelaskan mengapa orang yang berbicara kepada diri sendiri sama sekali tidak gila. Justru sebaliknya, apa yang mereka lakukan sangat membantu otak mereka.

Jadi, berbicara kepada diri sendiri membantu otak Anda akan mendatangkan 5 manfaat berikut ini:

1. Mengatur pikiran sesuai kemauan

Ketika Anda harus peduli pada banyak hal yang berbeda pada saat bersamaan, mungkin otak Anda bisa meledak!

Berbicara kepada diri sendiri dapat membantu Anda mengatur pikiran Anda, sehingga Anda dapat mengingat apa yang harus Anda lakukan.

Ini juga membantu Anda menyeimbangkan kebutuhan dan mengatur pemikiran Anda dengan benar, sehingga Anda dapat memusatkan perhatian pada apa yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu.2. Mengingat sesuatu

Seperti disebutkan sebelumnya, berbicara sendiri bisa membantu Anda mengingat apa yang ingin Anda lakukan, terutama jika Anda mengulanginya beberapa kali.

Hal ini terjadi karena Anda tidak hanya berpikir tentang apa yang perlu Anda lakukan, tapi Anda benar-benar dapat mendengarnya.

Mendengar sangat bagus untuk ingatan Anda. Jadi, jika Anda perlu mengingat sesuatu saat pulang kerja, cobalah untuk mengatakannya berulang kali. Semakin Anda mendengarnya semakin Anda mengingatnya nanti.

3. Berpikir lebih jelas

Menurut Tandfonline.com, berbicara sendiri bisa membuat cara berpikir Anda lebih cepat dan efisien. Misalnya, jika Anda mencari benda di rumah Anda, lebih mudah bagi Anda untuk menemukannya jika Anda mengucapkan kata benda atau sesuatu yang hilang dengan keras.

Baca selanjutnya…

Share

Video Popular