Erabaru.net. Celaka! sudah berapa gelas air yang diminum hari ini? Ada 500 cc, gak ya? Mendengar kata-kata itu, apa Anda akan tersenyum tanda mengerti?

Dan apa Anda sudah minum air hari ini? Kecuali jika anda sedang menunaikan puasa, tentunnya diabaikan saja hal ini.

Berikut beberapa hal berkaitan dengan arti penting air minum bagi kesehatan yang diulas oleh Kang Zhenzhen, ahli gizi dari Rumah Sakit Gengxin, Kaohsiung,Taiwan.

Menurutnya, tubuh manusia, 70%-nya adalah air, dan 90% cairan darah terbentuk dari air. Selain itu, cairan air bisa membantu mengangkut zat makanan, mempercepat metabolisme, mengatur suhu badan, melicinkan sendi, memelihara elasitas kulit, sekaligus mengeluarkan sampah atau benda buangan dari dalam tubuh.

Dari sini diketahui, bahwa kita harus mencukupi cairan air setiap saat, dengan demikian baru bisa menjaga keaktifan tubuh kita secara normal!

Kebanyakan orang saat merasa haus baru minum! Sebenarnya, cairan air yang dipenuhi saat dahaga hanya menduduki 2/3 dari jumlah yang dibutuhkan tubuh kita.

Jika karena sibuk dan lupa minum, maka cairan air dalam tubuh akan semakin tidak mencukupi lagi!

Sejumlah besar karyawan, seperti misalnya marketing yang sibuk di luar, atau kaum wanita yang mempunyai kebiasaan menahan air seni, dimana karena tidak ingin sering bolak balik ke toilet, maka akan seminimal mungkin minum air.

Ini adalah konsep yang sangat tidak sehat, sebab kurangnya cairan air dapat mempengaruhi keaktifan kerja tubuh.

Apa lagi saluran kandungan kemih perempuan lebih pendek dibanding laki-laki.

Jika pemenuhan air tidak mencukupi, ditambah lagi dengan menahan pembuangan air seni, akan lebih mudah terjadi radang saluran kemih yang disebabkan pembiakan bakteri pada saluran kemih, bahkan mungkin dapat mempengaruhi fungsi ginjal.

Setiap hari minum air yang cukup, agar kotoran tidak serta merta menjadi kering dan keras sehingga buang air besar akan lebih lancar.

Selain itu, cairan air juga bisa mempercepat pristalsis saluran usus, mengurangi masa tinggal materi penyebab kanker di saluran usus.

Dengan meminum air yang cukup juga bisa mengurangi rasio timbulnya kanker pada sistem perkemihan.

Jumlah air minum setiap hari bisa diatur secara layak, misalnya, minum dulu segelas air putih (250 ml/gelas) saat bagun tidur di pagi hari.

Bagi yang pristalsis lambung dan ususnya kurang baik, dengan meminum segelas air putih di pagi hari dapat mendorong fungsi pembuangan air kecil atau besar.

Minum dua gelas air putih sebelum makan siang, dan dua gelas juga sebelum makan malam, kemudian minum lagi segelas sebelum tidur, dengan begitu jumlah air yang dibutuhkan dalam satu hari itu sudah tercukupi.

Dan tentu saja, semaksimal mungkin perbanyak minum air putih di siang hari, di malam hari minum terlalu banyak bisa membuat Anda mudah bolak-balik ke toilet, sehingga mungkin akan berdampak pada kualitas tidur.

Orang dewasa yang sehat, setiap hari minimal harus menyerap sebanyak 2000-2500 cc air, atau kurang lebih 8-10 gelas air.

Ada satu rumus hitungan yang sederhana: per kg dari berat badan butuh 30 cc air, misalnya orang dewasa yang berbobot 70 kg, setiap hari minimal perlu minum sebanyak 2100 cc air.

Sumber foto: epochtimes.today

Bagi yang banyak melakukan aktivitas olahraga atau memiliki bobot yang lebih besar (gemuk), maka perlu lebih banyak mencukupi air dibanding orang pada umumnya.

Panas terik Matahari, keringat yang keluar lebih banyak, ini perlu dicukupi dengan lebih banyak cairan air daripada hari-hari biasa. Terutama bagi penderita encok atau batu ginjal, harus lebih banyak mencukupi dengan cairan air.

Namun, bagi penderita penyakit ginjal, jantung atau penderita busung parah, kadar air akan mendapat batasan, karena itu, harus disesuaikan berapa takaran air yang perlu dicukupi berdasarkan kondisi fisik dan petunjuk dokter.

Sumber air sangat banyak. Selain bisa secara langsung minum air putih, dalam makanan juga mengandung air.

Sumber foto: epochtimes.today

Kadar air yang terkandung dalam sayur-mayur dan buah–buahan mencapai 90%, bisa juga perbanyak menyerap sayuran untuk mencukupi cairan air.

Selain itu, minuman kaleng atau sejenisnya yang dijual bebas di pasar atau super market juga merupakan salah satu sumber air.

Sumber foto: http://jptoday.com

Akan tetapi, minuman yang mengandung bahan pemanis atau penambah rasa umumnya tersembunyi perangkap yang berkalori tinggi, jika tidak hati-hati berat badan malah akan bertambah.

Jika konsumen merasa air putih itu hambar dan tidak beraroma, bisa memilih minuman jenis teh non gula atau teh wangi, agar pemenuhan cairan air menjadi sebuah aktivitas yang mengasyikan.

Minum air bukan saja dapat memenuhi cairan air dalam tubuh, juga dapat mendorong aktivitas tubuh. Begitu banyak manfaat baiknya, setelah membaca artikel ini, jangan lupa minum segelas air.

(Sumber : Dajiyuan/asr/rp)

Share

Video Popular