Erabaru.net. Pili Hussein berkeinginan untuk menjadi kaya, sehingga dia rela menggali batu permata yang jauh lebih sulit ditemukan daripada berlian.

Google

Namun, mengingat kaum wanita tidak diizinkan bekerja di daerah tambang, dia pun memilih berpakaian seperti pria dan bekerja disana selama hampir satu dekade.

Google

Pili tinggal di Tanzania. Dia adalah anak perempuan dari seorang peternak yang memiliki banyak peternakan. Ayahnya memiliki enam orang istri dan 38 orang anak.

Walaupun keluarganya kaya dan memiliki kehidupan mewah, ternyata dia tidak menyukai masa kecilnya.

Google

“Ayah saya memperlakukan saya seperti anak laki-laki. Beliau sering menyuruh saya menjaga hewan ternaknya. Saya benci kehidupan seperti itu, “katanya.

DiIa sempat melarikan diri dari keluarganya dan menikah dengan orang lain. Namun, kehidupan rumah tangganya yang rumit, membuatnya memutuskan untuk meninggalkan rumahnya lagi.

Dalam usahanya mencari pekerjaan, Pilli sampai ke sebuah kota kecil Tanzania yang bernama Mererani.

Kota yang terletak di kaki gunung Kilimanjaro tersebut merupakan daerah tambang tanzanite, sejenis batu permata yang langka.

“Saya tidak bersekolah, jadi saya tidak memiliki banyak pilihan dalam mencari kerja,” kata Pili. Satu-satunya pilihan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasinya adalah pekerja tambang tarzanite.

Google
Google

Namun, Pili sepertinya masih harus menghadapi tantangan baru dalam pekerjaannya, karena hanya kaum pria yang diperbolehkan bekerja sebagai penambang.

“Kaum wanita tidak diizinkan untuk berada di area pertambangan, jadi dengan modal nekat saya melamar pekerjaan tersebut sebagai seorang pria. Saya mengenakan celana panjang, lalu memotongnya menjadi celana pendek, dan saya akan terlihat seperti seorang pria. Itulah yang saya lakukan,” katanya.

Google

Untuk melengkapi penyamarannya, Pili pun turut mengganti namanya.

“Saya dikenal sebagai Uncle Hussein, saya tidak memberitahu nama asli saya adalah Pili kepada siapa pun. Hingga hari ini, jika Anda pergi ke tempat kerja saya, ​​Anda harus menggunakan nama Uncle Hussein untuk mencari saya.”

Menurut Pili, tidak ada pekerja lain yang menduga bahwa dia adalah seorang wanita.

Google

Dia yakin, penyamarannya sangat meyakinkan. Hanya terdapat satu kejadian luar biasa yang membuat identitasnya hampir terbongkar. Seorang wanita lokal melaporkan bahwa dia telah diperkosa oleh beberapa orang penambang dan Pili ditahan sebagai salah seorang tersangka.

“Ketika polisi tiba, seorang pria yang melakukan kejahatan itu berkata, ‘Inilah pelaku yang melakukannya,’ dan saya pun dibawa ke kantor polisi,” kata Pili.

Dia tidak memiliki pilihan selain mengungkapkan identitasnya.

Pili meminta anggota polisi wanita untuk melakukan pemeriksaan dirinya agar dapat membuktikan bahwa dia tidak mungkin mampu melakukannya. Dia kemudian dibebaskan.

Namun begitu, masih banyak rekan kerjanya yang masih tidak percaya setelah tertipu sekian lama.

“Mereka masih tidak percaya meskipun polisi menyatakan bahwa saya seorang wanita,” katanya. “Berita ini sulit untuk diterima sampai pada tahun 2001 ketika saya menikah dan memulai keluarga.”

Pili telah membangun sebuah karir yang kokoh dan hari ini dia telah memiliki perusahaan tambangnya sendiri dengan tenaga kerja sebanyak 70 orang. Keberhasilan Pili ini mampu membayar biaya pendidikan untuk 30 orang, termasuk anak saudara dan cucunya.

“Saya bangga dengan apa yang saya lakukan. Walaupun pekerjaan itu membuat saya kaya tetapi itu sangat sulit saya lakukan,” katanya.

“Saya ingin memastikan anak perempuan saya pergi ke sekolah, agar dia berpendidikan dan kemudian dia bisa menjalani kehidupan yang berbeda dari apa yang harus saya lalui dulu”.

 

Share
Kategori: Uncategorized

Video Popular