Erabaru.net. Setidaknya, kita pernah mendengar tentang tragedi  Kapal Titanic dalam hidup kita. Memang, kecelakaan kapal terbesar pada saat itu masih diteliti oleh para ilmuwan. Dan setiap hasil penelitian dari peristiwa bersejarah ini selalu dapat membangkitkan rasa penasaran seluruh orang di dunia.

Hampir satu setengah abad setelah kecelakaan itu, segala kisah Titanic selalu dapat memikat orang-orang dari seluruh dunia. Sejarah Titanic adalah sejarah kepahlawanan dan keangkuhan dunia masa lalu, serta juga fakta yang menunjukkan besanya perbedaan dalam kelas sosial penumpang.

(Foto: History)

Penumpang kapal impian tersebut dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas satu, kelas dua dan kelas tiga. Kelas bawah (kelas tiga) menempati bagian bawah kapal dan kelas atas (kelas pertama) menempati bagian atas. Selain itu, perbedaan besar juga terjadi dalam menu makanan masing-masing kelas.

Berikut adalah rincian menu menurut kelas, perihal makanan yang disajikan di kapal paling terkenal di dunia itu.

Tak mengherankan, menu makan siang kelas atas (kelas pertama) penuh dengan kelezatan seperti daging panggang, daging domba, dan kentang goreng Maryland, salmon dengan mayones, udang, ikan asin Norwegia, dan sarden asap. Mereka juga bisa mencicipi keju mahal seperti Chesire, Stilton, Camembert, Roquefort atau St. Ivel.

(Foto: Woman’s day)

Menu kelas dua memang terlihat kurang mewah jika dibandingkan dengan menu makanan kelas pertama, tapi masih tetap nikmat. Menu yang disajikan untuk penumpang kelas dua seperti ikan haddock yang direbus dalam saus pedas, daging domba dengan peterseli dan mint, serta kalkun panggang.

(Foto: Woman’s day)

Selain itu, ada juga sosis dan ham panggang, kentang tumbuk, telur goreng, kari ayam dengan nasi, puding prem dan jeli anggur untuk menu makanan kelas dua.

(Foto: Woman’s day)

Sedangkan untuk penumpang kelas tiga ditawari makanan sangat murah untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Siapa yang belum pernah makan nasi dan kentang rebus?

Daging dingin, keju, acar, buah tin segar yang dimasak dengan mentega dan roti dengan nasi, adalah beberapa hidangan yang disajikan di kelas tiga. Bahkan menu ini juga ditawarkan untuk makan malam.

(Foto: Woman’s day)

Sungguh mengherankan  bagaimana makanan ternyata bisa membedakan kelas, bahkan sejak lebih dari satu abad lalu. ( perfeito.guru/Intan)

Share

Video Popular