Erabaru-net – Makanan yang sehat bersumber dari bahan baku yang memenuhi kriteria layak untuk dikonsumsi manusia. Bahan baku tersebut sudah semestinya tak disertai bahan-bahan terlarang dan berbahaya bagi tubuh manusia.

Tindakan pencampuran bahan tak boleh dikonsumsi tubuh manusia ini terjadi di Jawa Timur. TKP tepatnya di Dusun Rowo, Desa Rowo Indah, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Apa bahan yang menjadi campuran untuk pembuatan mie soun ini? berdasarkan penemuan polisi, diduga bahan kaporit menjadi campurannya.

Melansir dari tribratanews, Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo saat merilis kejadian tersebut di lokasi kejadian menuturkan bahwa pihaknya menutup resmi operasional pabrik tesebut.

Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo di lokasi produksi pembuatan mie soun di Jember (Foto : Dokumentasi Polres Tuban/Tribratanews.com)

Pasalnya, berdasarkan UU Pangan pasal 136 UU No 18 Tahun 2012 sudah dilarang untuk mencampurkan bahan kimia terlarang pada makanan.

“Pabriknya kita tutup,” katanya, Senin (5/7/2017).

Menurut Kapolres Jember, pabrik tersebut memasarkan produknya di sekitar wilayah Jember. Sedangkan keberadaan pabrik tersebut diketahui sudah berlangsung selama setengah tahun terakhir.

Adapun tindakan kepolsian melakukan pemeriksaan terhadap pemilik, saksi-saksi, kemudian dari ahli dinas kesehatan dan apabila diperlukan akan dilakukan uji di laboratorium forensik terkait dengan makanan-makanan yang ada.

Saat penggerebekan, aparat kepolisian mengamankan barbuk sebanyak 2.000 mie jenis so’un dan 10 ember bahan kimia berupa kaporit sebanyak 150 kilogram. (asr)

Share

Video Popular