Erabaru.net – Hidup manusia ada batasnya, sementara manusia di dunia berharap bisa berumur panjang dan sehat!

Centenarian atau manusia tertua di dunia ada di India! Adalah Murasi, manusia tertua di dunia ini berusia 182 tahun, Murasi yang lahir pada tahun 1835 ini bahkan mengalami era kolonial Inggris di India.

Murashi adalah seorang tukang sepatu di India, pemerintah India juga memiliki akte kelahiran dan riwayat hidupnya, sekarang Murasi adalah seorang manula pensiunan, dan tak disangka, dibawah topangan badan kurusnya yang lemah itu, Murasi telah menorehkan sejarah hidupnya selama “hampir dua abad”. Perasaan Murashi bercampur aduk setelah mengetahui dirinya adalah “manusia tertua di dunia.”

Tragedi dari umur panjang adalah melihat dengan mata kepala sendiri anak-anak dan cucu-cicid “pergi (meninggal)’ dulu satu persatu daripada saya,” kata Murasi sambil menghela napas. Banyak orang penasaran, dan ingin tahu mengapa Murashi bisa hidup begitu lama? Mungkin sudah “dilupakan oleh dewa kematian”, katanya berseloroh.

Tapi dia juga menyebutkan rahasia kehidupan kekalnya adalah “mengikuti arus (kodrat) dari segala sesuatu yang terjadi.” Sambil mengenang kembali masa lalunya, Murasi mengatakan bahwa ia menjalani hidupnya dengan hati yang lapang dan pikiran yang damai, melihat segalanya dengan hambar. Namun, dia sendiri juga tidak yakin, tapi mungkin inilah rahasia umur panjangnya.

Sungguh menakjubkan! Mungkin pandangan hidupnya yang melihat segala sesuatunya dengan hambar dan alami itu adalah kunci dari perjalanan hidup Murashi yang panjang. “Rahasia panjang umurnya” Murasi bukan satu-satunya penjelasan positif, tetapi patut menjadi perenungan kita. (Jhon/asr)

Sumber : Beauties life

Share

Video Popular