Erabaru.net. Menurut ilmuwan, peningkatan konsumsi buah dan sayuran per hari dapat menurunkan risiko terkena penyakit kerusakan pembuluh darah, khususnya pembuluh arteri.

Penyakit arteri perifer (PAD) menyebabkan pembuluh arteri pada kaki menyempit, membatasi aliran darah ke otot dan membuatnya sulit atau menyakitkan untuk berjalan juga berdiri.

Temuan tersebut mengungkapkan bahwa orang yang makan tiga atau lebih porsi sayuran dan buah setiap hari, memiliki kemungkinan menderita PAD 18 persen lebih rendah daripada mereka yang makan buah dan sayur lebih sedikit.

Selain itu, para ilmuwan juga melibatkan perokok aktif maupun mantan perokok.

“Studi kami memberikan informasi bahwa sesuatu yang sederhana seperti meningkatkan konsumsi buah dan sayuran ke dalam makanan, dapat memberi dampak besar pada prevalensi PAD yang mampu mengubah kehidupan Anda,” kata Jeffrey Berger, perwakilan Asosiasi Profesor Universitas Kedokteran New York.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology.

Dalam penelitian tersebut, tim ilmuwan menganalisis 3,7 juta orang yang telah berusia rata-rata 64 tahun, 6,3% di antaranya memiliki PAD, dan 29,2% melaporkan bahwa mereka makan tiga kali atau lebih buah dan sayuran setiap hari.

Mereka juga menyelesaikan laporan indeks pergelangan kaki brakialis yang membandingkan perbedaan tekanan darah diantara pergelangan kaki dan lengan bawah.

Penelitian sebelumnya juga menghubungkan rendahnya konsumsi buah dan sayuran dapat meningkatnya kemungkinan menderita penyakit jantung koroner dan stroke. (boldsky.com/Intan)

Share

Video Popular