Erabaru.net. Beberapa foto kakak beradik yang sedang menjual jagung rebus di jalanan tersebar luas di internet.

Facebook

 

Terbelenggu di dalam kondisi keluarga yang miskin, dua kakak beradik ini seringkali bolos sekolah dan terpaksa bekerja untuk menghidupi keluarga mereka.

Si kakak yang kurus dan terlihat lelah sedang mengobrol bersama pelanggan, sedangkan adik perempuannya membantu menjual jagung rebus tersebut kepada penduduk setempat yang lalu lalang di kawasan tersebut.

Mereka terpaksa berkeliling setiap hari di jalanan untuk menjual jagung rebus agar mendapat penghasilan tambahan. Walaupun terkadang mereka merasa kelelahan, mereka tetap harus melakukan pekerjaan tersebut.

Facebook

Foto yang tersebar di internet ini menuai berbagai tanggapan dari masyarakat, baik positif maupun negatif.

Ada yang memuji tindakan mereka yang sanggup membantu meringankan beban orang tua mereka walaupun masih kecil.

 

Ada juga yang menganggap bahwa kedua bocah ini harus tetap sekolah, agar bisa belajar dan bermain bersama teman sebayanya.

Seseorang bernama ChiMiz R. Catapang memberi tanggapan atas kisah ini halaman Facebooknya. Dia member saran agar kedua anak ini dapat menyeimbangkan waktu sekolah dan bekerja, jangan sampai mereka memutuskan untuk membolos demi bekerja.

Jika mereka berjualan jagung, Catapang berharap agar mereka dapat menjual jagung dalam waktu yang cepat, sehingga mereka bisa pulang dan menikmati masa kanak-kanak bersama teman-temannya.

Melihat situasi dua anak ini, seseorang bernama Einag Rodad ingat pengalamannya sewaktu berada di sekolah tinggi. Dia berkata bahwa dia pernah menjual roti dan permen untuk mendapatkan uang.

Sebagian masyarakat lain menanggapi bahwa perbuatan anak-anak ini sangat mulia.

Namun, netizen menekankan orang tua mereka tetap harus memikul tanggung jawab untuk mencari nafkah bagi keluarga, dan tidak menyerahkan sebagian tanggung jawab tersebut kepada anak-anak.

Mungkin atas dasar itulah, kisah ini menjadi viral dan menarik perhatian banyak netizen.

Facebook

Memang kita tidak berhak untuk ikut campur dalam urusan keluarga lain. Tetapi sebagai seorang yang peduli terhadap kesejahteraan anak-anak, seharusnya kita melindungi dan berusaha memberikan pendidikan dasar kepada anak-anak, agar mereka memiliki ilmu yang berguna untuk masa depan mereka. (Allaboutphilippnes/Intan)

Share
Tag: Kategori: VIDEO

Video Popular