Erabaru.net. Ada banyak legenda tentang bagaimana setiap tanda dipilih untuk zodiak Tionghoa. Namun, legenda ini adalah salah satu yang paling terkenal.

Dahulu kala, Kaisar Langit sedang merayakan hari ulang tahunnya. Sayangnya, pada saat itu, tidak ada cara untuk menghitung tahun, jadi dia tidak bisa memastikan berapa umurnya.

Dia memutuskan untuk membuat metode untuk menghitung tahun-tahun ini.

Dia mengirim pelayannya ke hutan untuk mengumumkan bahwa akan ada perlombaan untuk para hewan, dengan hadiah khusus untuk 12 pemenangnya.

Kaisar Langit mengirim pelayannya ke hutan untuk mengumumkan bahwa akan ada perlombaan untuk seluruh hewan-hewan, dengan hadiah khusus untuk 12 pemenangnya. (Zhiching Chen / Epoch Times)

Ketika binatang-binatang mendengar berita itu, mereka semua bertanya-tanya apa hadiahnya.

Pada hari perlombaan tersebut, Kaisar Langit tiba dengan kereta emas. Saat dia hendak berbicara, binatang-binatang itu terdiam.

Sang kaisar berkata, “Akan ada perlombaan menyeberangi sungai. 12 hewan pertama yang mencapai tepi sungai seberang akan mendapat hadiah. Hewan pertama yang sampai duluan, namanya akan dijadikan nama tahun pertama dan begitu seterusnya.”

Dahulu kala, Kaisar Langit sedang merayakan hari ulang tahunnya. Sayangnya, pada saat itu, tidak ada cara untuk menghitung tahun, jadi dia tidak bisa memastikan berapa umurnya.(Gambar: Naplee12 via wikimedia / CC BY-ND 2.0)

 

Ketika pertandingan akan dimulai, semua binatang berbaris di garis start. Dengan pengangkatan bendera, balapan dimulai dan binatang-binatang berlari menuju sungai.

Binatang yang pertama tiba adalah tikus dan kucing, tapi mereka segera menyadari bahwa pertandingan itu lebih sulit dari yang mereka duga. Sebenarnya, pertandingan itu juga terlihat cukup berbahaya.

Mereka duduk bertanya-tanya apa yang harus dilakukan saat sapi juga tiba. Tiba-tiba, tikus punya ide.

“Hei, apakah kamu tidak keberatan membawa kita menyeberangi sungai?” tanyanya.

Sapi itu adalah binatang yang baik, jadi dia menyetujuinya dengan mudah.

Tikus dan kucing itu melompat ke kepala sapi, dan bersama-sama mereka menyeberangi sungai. Saat mereka hendak mendarat di tepi seberang, tikus itu melompat dari kepala sapi, dan membuatnya menjadi yang pertama.

“Selamat!” kata sang kaisar.

“Tahun pertama akan dinamai sesuai namamu.”

Si sapi sangat marah karena ditipu, tapi sebagai hewan kedua, dia mendapat tahun kedua.

Baca halaman selanjutnya…

Share

Video Popular