Erabaru.net. Sungguh tragis, tak seorang pun yang peduli untuk mencoba menyelamatkan wanita yang mengalami kecelakaan ini setelah ditabrak mobil.

Wanita itu akhirnya tewas setelah dilindas mobil kedua. Sungguh memilukan.

Baru-baru ini, sepotong video berdurasi 1:31 menit kembali memicu ratapan publik terkait  “ketidakpedulian dan dinginnya perasaan manusia”.

Menurut kritikus terkemuka Feng Qing-yang, bahwa modal menjadi orang baik di Tiongkok itu sangat mahal, sementara orang-orang jahat tidak mendapatkan sanksi hukum yang semestinya.

Situs web Tiongkok “Shuizhuyu”, Rabu (7/6/2017) lalu memublikasikan sepotong video di internet.

Dalam video, seorang wanita berpakaian putih ditabrak sebuah taksi ketika berdiri dan akan menyebrang lewat zebra cross.

Wanita itu berdiri di zebra cross. Lalu ditabrak sebuah mobil.  (screenshot video)

Namun, sopir tidak peduli. Ia pergi begitu saja.

Sopir tidak peduli. Ia pergi begitu saja.  (screenshot video)

Sementara banyak kendaraan lain maupun orang-orang yang lalu lalang saat kejadian, tapi, tak seorang pun yang peduli.

Puluhan orang dan mobil yang lalu lalang, tak ada yang menolong.  (screenshot video)

Selanjutnya, wanita naas itu kembali dilindas mobil lain dan tewas di tempat.

Wanita itu dilindas mobil lainnya. (screenshot video)

Media Tiongkok kemudian membuat catatan garis besar pada video tersebut. Mereka melihat ada sekitar 20an kendaraan lain yang lewat pasca wanita itu ditabrak pertama kali.

Terhitung  ada puluhan orang pejalan kaki yang memperlambat langkahnya ketika lewat. Sampai kemudian wanita naas itu dilindas mobil lagi untuk kedua kalinya.

Kemudian baru ada seorang perempuan berbaju hitam berjalan ke arah wanita naas itu. Rekaman video pun berakhir.

Belakangan diketahui lokasi kecelakaan itu di kawasan Zhumadian, Henan, Tiongkok.

Menurut keterangan kantor polisi distrik Zhumadian, Provinsi Henan, Rabu (7/6/2017), wanita naas yang dilindas mobi itu telah tewas, dan sopirnya juga telah berhasil ditangkap.

Ketidakpedulian orang-orang yang lalu lalang seperti tampak dalam video terkait kembali mengingatkan orang-orang dengan kasus yang dialami Xiao Yue-yue di Foshan, Guangdong, 13 Oktober 2013 silam.

Ratapan netter seperti dikutip situs web “Shuizhuyu” mengatakan, “Sungguh menyedihkan melihat video itu, mata saya berkaca-kaca, dan rasanya tidak punya energi lagi untuk marah. Ketidakpedulian dan dinginnya tatapan masyarakat membuat orang-orang kehilangan rasa aman, dan tidak ada lagi rasa aman, semuanya menjadi penakut. Dan tidak ada lagi hati nurani. Meski hanya 1:33 menit, tapi semenit dalam tayangan video itu  menginterpretasikan secara tepat apa itu Tiongkok.”

Apa yang menyebabkan orang-orang itu menjadi begitu dingin?

Baca halaman selanjutnya…

Share

Video Popular