Erabaru.net. Apa yang terjadi bila tubuh Anda mengalami gangguan hormonal atau ketidakseimbangan? Kesehatan Anda mungkin akan terpengaruh. Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan kemandulan, obesitas, depresi, kelelahan, susah tidur, kehilangan libido atau bahkan rambut rontok.

Jika Anda harus menyeimbangkan hormon Anda melalui makanan, Anda mungkin perlu menghindari karbohidrat olahan, kafein yang berlebihan, alkohol, makanan berlemak dan makanan bergula. Dan apa yang harus dimakan?

Inilah makanan yang dianjurkan untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh:

Makanan organik

Makanan tanpa bahan buatan, zat kimia, racun dan pestisida akan membantu Anda mempertahankan keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Kubis

Brokoli, kembang kol dan kol membantu menyeimbangkan hormon Anda jika Anda sering memasukkannya ke dalam diet Anda.

Serat

Ya, serat pun memiliki peran tersendiri dalam menjaga keseimbangan hormon. Kandungan serat dalam biji-bijian dan sayuran dapat membantu Anda mencapai keseimbangan.

Kacang polong

Lentil, kacang polong dan kedelai membantu menyeimbangkan hormon tertentu karena mengandung estrogen. Sertakan mereka dalam daftar makanan Anda.

Sayuran berdaun hijau


Bayam, kangkung dan sayuran berdaun lainnya banyak membantu tubuh menjaga keseimbangan hormonal.

Asam lemak omega 3

Makan ikan seperti tuna dan salmon untuk mendapatkan beberapa asam lemak omega 3. Bagaimana jika Anda seorang vegetarian? Sertakan minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian dalam makanan Anda.

Berries

Flavonoid dapat menyeimbangkan hormon. Dimana mereka hadir? Nah, dalam buah sitrus, anggur dan buah merah ada senyawa penting yang bisa membantu dalam keseimbangan hormon Anda.(Vivi/Yant)

Sumber: Boldsky

 

Share

Video Popular