Erabaru.net. Bagi Anda yang pernah bahkan sering berpergian dengan menggunakan pesawat terbang, Anda mungkin tidak pernah menyadari 10 benda aneh yang ada di pesawat, Meskipun semua itu agak aneh, namun ternyata mereka memiliki fungsi yang tak pernah kita duga sebelumnya.

Limakaki.com

Kami menemukan beberapa rahasia yang hanya diketahui oleh kru pesawat, karyawan bandara dan beberapa penumpang yang paling penasaran akan hal ini.

Pengait di Sayap Pesawat

© anizza/depositphotos.com

Saat kondisi darurat, para penumpang harus menyelamatkan diri dengan berjalan di  sayap pesawat yang mulus dan licin. Untuk membuat ini lebih mudah, telah dirancang dan dipasang pengkait khusus yang digunakan untuk mengaitkan tali pengaman untuk menuntun para penumpang berjalan, dengan satu ujung menempel pada pintu darurat dan yang lainnya terhubung ke pengait di sayap pesawat. Dengan memegang tali tersebut, penumpang bisa mengungsi dengan aman.

Kapak di Kokpit

© SimpleFoto / depositphotos.com © oncealoft.com

Menurut undang-undang di beberapa negara (seperti Amerika Serikat ), kapak adalah peralatan darurat dan harus disimpan di kokpit. Kapak dapat membantu memecahkan kaca, membuka pintu yang macet. Bahkan pada pesawat model baru, kapak dapat menjadi penunjuk yang menunjukkan pintu keluar darurat.

Sebuah Lubang di Jendela

© MyGoodImages / depositphotos.com

Jendela pesawat memiliki 3 lembar kaca: bagian luar untuk menjaga tekanan udara, bagian dalam untuk mencegah kerusakan dari dalam, dan bagian tengahnya, di mana lubang itu dibuat,untuk mengatur aliran udara. Lubang yang disebut aperture dapat membantu menyeimbangkan perbedaan tekanan udara dan mencegah kelembaban serta pengembunan di antara panel kaca.

Unit Daya Tambahan (APU)

© Wikipedia Commons

Saat menaiki pesawat, kita selalu mendengar suara bising meski mesinnya belum berfungsi. Hal ini disebabkan karena unit daya tambahan atau APU yang sedang memberikan kekuatan untuk sistem pesawat saat mesinnya belum menyala. APU juga berfungsi untuk membantu menyalakan mesin. Unit daya semacam ini juga sangat membantu pesawat untuk mendarat di tempat yang tidak memiliki fasilitas pendaratan yang memadai.

Silahkan klik untuk membaca bagian selanjutnya…

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular