Erabaru.net. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh dokter spesialis kanker dalam menangani kasus kanker adalah keterlambatan dokter untuk mendiagnosa kanker pada para pasien.

Pada saat pasien kanker datang untuk perawatan, mereka sudah sampai pada stadium ketiga atau keempat.

Hal ini menempatkan pasien di bawah risiko pengembangan kanker yang mengakibatkan komplikasi dan menyebar ke organ lain.

Menurut Ahli Onkologi terkenal di Bangalore, Dr. Vishal Rao, Kepala Layanan Kepala & Leher, Departemen Onkologi Operasi di Pusat Kanker HCG, kanker harus dideteksi sejak tahap awal.

“Sangat penting bahwa kanker harus dideteksi dan diketahui pada tahap awal. Pada 30% kasus, ada kemungkinan kanker tersebut dapat kembali dalam 1-2 tahun pertama setelah perawatan,” kata Dr. Vishal Rao.

Oleh karena itu, sangat penting untuk berjaga-jaga dan berhati-hati dalam mengikuti sesi perawatan dan pemeriksaan lanjutan.

Setelah perawatan selesai, idealnya, dalam 1-2 tahun pertama, pasien kanker perlu melakukan pemeriksaan setiap dua bulan sekali.

Setelah 2 tahun sampai 5 tahun, mereka harus menjalani pemeriksaan setelah setiap tiga bulan.

Setelah 6 tahun, mereka perlu menjalani check up setiap enam bulan sekali.

“Ini akan membantu mencegah timbulnya kanker kembali,” tambah Dr. Vishal Rao.

Setelah didiagnosis menderita kanker, beberapa pasien akan mengalami banyak trauma dan pikiran.

Pada saat seperti itu, dukungan dari anggota keluarga juga dokter harus menjadi prioritas utama.

Namun, selain itu, memiliki kekuatan kemauan yang kuat diantara pasien sangat penting.

Ini membantu pasien untuk melalui penderitaan dengan mudah.

Berikut ini beberapa hal yang harus diingat oleh penderita kanker untuk mencegah munculnya kanker kembali.

  1. Perubahan dalam kebiasaan usus atau kandung kemih

Jika terjadi sedikit perubahan pada buang air besar atau saat buang air kecil, Anda perlu memeriksakan ke dokter. Ini bisa jadi pertanda kambuhnya kanker.

  1. Sakit Tenggorokan yang Tidak Kunjung Sembuh

Biasanya, sakit tenggorokan akan sembuh dengan sendiri atau dengan obat dalam waktu seminggu.

Namun, bila membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, maka bisa jadi menjadi penyebab kekhawatiran bagi penderita kanker.

  1. Pendarahan atau Discharge yang Tidak Biasa

Pendarahan yang tidak biasa memang tidak normal. Tapi bila Anda melihat pendarahan yang tidak biasa setelah melakukan serangkaian pengobatan kanker, maka itu harus diwaspadai. Ini bisa menjadi pertanda kanker tumbuh kembali.

  1. Munculnya Benjolan

Jika Anda adalah mantan penderita kanker payudara atau kanker lain, dan Anda mengamati semacam benjolan yang terbentuk di daerah itu, maka perlu segera diperiksakan kembali.

  1. Gangguan pencernaan atau Kesulitan Menelan

Jika Anda seorang penderita kanker dan telah sembuh, namun Anda mengalami masalah dalam menelan dan pencernaan, maka itu bisa menjadi tanda kambuhnya kanker.

  1. Berbicara Serak dan Sering Batuk

Suara serak dan sering batuk di kalangan penderita kanker harus diwaspadai. Karena ini bisa menjadi tanda kekambuhan kanker, terutama penderita yang telah selamat dari kanker kepala dan leher atau bahkan kanker paru-paru. (jul/rp)

Share

Video Popular