Erabaru.net. Makanan memiliki dampak yang cukup signifikan pada efektivitas dari obat-obatan. Makanan berinteraksi dengan antibiotik dalam tiga cara ;. menahan penyerapan obat, memperlambat tingkat di mana obat ini diserap tubuh atau mengganggu dengan cara merusak obat.

Mengutip dari healthmeup.com, beberapa makanan yang harus Anda hindari saat Anda sedang mengonsumsi antibiotik, untuk membuat obat lebih efektif sehingga Anda mendapatkan penyembuhan lebih cepat.

1. Makanan dan minuman asam

Hindari makanan dan minuman seperti buah jeruk, cokelat, minuman ringan dan makanan berbasis tomat seperti saus tomat asam. Mereka memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap obat.

2. Produk susu, kecuali yoghurt

Kalsium dalam produk susu menahan penyerapan antibiotik. Yoghurt adalah satu-satunya produk susu harus Anda makan saat mengonsumi obat, karena mengandung probiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus Anda, sehingga membantu tubuh Anda pulih dari serangan dari antibiotik dan lebih cepat sembuh. Probiotik juga membantu mencegah diare, yang merupakan efek samping yang umum dari antibiotik.

3. Supleman kalsium dan zat besi

Seperti kalsium, zat besi juga mengganggu penyerapan obat. Jika Anda sedang mengonsumsi antibiotik, cobalah untuk menunggu setidaknya tiga jam sebelum Anda mengonsumsi suplemen lainya.

4. Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat sangat sehat, tapi mereka bukan pilihan terbaik ketika Anda sedang mengonsumi obat. Makanan ini memperlambat makanan diserap dari perut Anda, berguna ketika Anda menurunkan berat badan. Tetapi tidak begitu berguna ketika memperlambat obat untuk diserap tubuh Anda. Makanan tinggi serat termasuk biji-bijian, kacang dan kacang-kacangan.

5. Alkohol

Alkohol tidak benar-benar mengganggu efek dari antibiotik, tetapi bisa menyebabkan efek samping seperti masalah pencernaan dan pusing. Hal ini sebaiknya dihindari sampai Anda telah sembuh sepenuhnya. (Yant)

Share

Video Popular