Erabaru.net – Lembaga survei Poltracking Indonesia menyampaikan hasil survei untuk Pilkada Jawa Timur 2018. Nama Wakil Gubernur Jawa Timur Safullah Yusuf,  terpopuler mengungguli Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Jika Pilkada Jawa Timur dilaksanakan sekarang simulasi 18 kandidat maka Saifullah Yusuf berpotensi unggul untuk menjadi Gubernur Jawa Timur,” papar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha saat merilis hasil surveinya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/6/2017).

Secara rinci, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menempati posisi pertama yakni 31.27 persen diikuti Tri Rismaharini 24,05 persen, Khofifah Indar Parawansa 17,97 persen, Abdullah Azwar Anas 8,22 persen dan Abdul Halim Iskandar 2,41 persen.

Sementara Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas sebagai kandidat yang paling diinginkan untuk menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur dengan porsentase 22,81 persen.

Jika ada 4 kandidat saat Pilkada, maka Saifullah Yusuf berada di angka 32,29 persen, Tri Rismaharini 27,08 persen, Khofifah Indar Parawansa 19,11 perse dan Abdullah Azwar Anas 8,47 persen.

Kandidat kuat yang dipersepsikan publik pada Pilkada Jawa Timur adalah Saifulah Yusuf, Tri Rismaharini, Khofifah Indar Parawansa dan Abdullah Azwar Anas. Sedangkan kandidat terkuat sebagai Wakil Gubernur adalah Abdullah Azwar Anas.

Survei Poltracking menyebutkan bahwa Saifullah Yusuf merupakan kandidat Incumbent dengan penilaian kinerja cukup baik di atas 50 persen dan sebagai kandidat berpengaruh di kalangan Nahdiyin, Tri Risma sebagai kepala daerah berhasil memimpin Kota Surabaya dan Khofifah Parawansa sebagai tokoh NU di Jawa Timur.

Namun demikian, jadwal Pilkada yang masih berlangsung satu tahun mendatang maka potensi pergeseran pemilih sangat mungkin terjadi. Artinya, peta dinamika politik di Jawa Timur masih mencair ditambah dengan adanya Swing Voters 43,80 persen dan pemilih yang belum menentukan pilihan sebanyak 35,57 persen.

Survei yang dilakukan Poltracking dilaksanakan pada 19-25 Mei 2017 dengan metode stratified multistage random sampling. Jumlah responden 800 orang dengan margin of error sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Quality control dilakukan dengan sangat ketat dan tak ditemukan kesalahan yang berarti. (asr)

Share

Video Popular