Erabaru.net – Beberapa waktu lalu, seorang pria usia 22 tahun minta bantuan dokter di The No.10 People’s Hospital of Shanghai, Tiongkok. Wajah pria ini tampak pucat, lemas, mengenakan celana yang sangat longgar.

Pria itu menyampaikan perutnya sakit tak tertahankan. Dokter membuka celana pria ini dan mengerutkan kening melihat perutnya super besar, bahkan tidak berlebihan bila dikatakan perutnya seperti wanita hamil yang akan segera melahirkan!

Rongga perut pria itu terlalu banyak tekanan, perutnya meregang kencang, bukan saja kulitnya mengkilap, pembuluh (darah) balik di bawah kulitnya juga membengkak. Sudah tiga hari dia mengeluh sakit perut, tenggorokannya juga serak, dan hanya bisa mengeluarkan suara yang samar-samar lemah.

Dari hasil diagnosis, dokter menyimpulkan, pria itu mengindap penyakit Megacolon Congenital/Hirschprung Disease (kelainan yang terjadi pada usus besar (kolon).

Orang-orang yang mengidap penyakit ini mungkin sembelit kronis atau sembelit jangka panjang, jika tidak segera diobati, maka kotoran akan terakumulasi di dalam usus besar, kondisi ini menyebabkan tinja tidak keluar dengan lancar karena kekurangan syaraf pada beberapa otot dalam usus besarnya. Akibatnya, perut pria itu mulai membesar pada usia yang sangat muda – sampai pada titik di mana orang mengira dia hamil tua.

Kondisi pasien itu sudah sangat serius, karena terlalu banyak kotoran di dalam ususnya, sebagian rongga usus juga melebar, dan pencernaannya rusak parah, bahkan untuk sekadar bernapas saja sulit.

Keluarganya mengatakan, pria itu sering sembelit sejak lahir, dan sering kali diobati dengan pengobatan konvensional, tetapi tidak tampak tanda-tanda membaik. Selama lebih dari 20 tahun, ia mengandalkan obat pencahar dan obat sembelit lainnya untuk memaksa buang air besar.

Keluarga pikir sembelit adalah hal biasa, bukan masalah besar, jadi tidak membawanya berobat, hingga akhirnya kondisinya semakin parah, bahkan beberapa waktu lalu sempat tidak bisa berdiri saking sakitnya.

Untuk mengobati penyakit “Hirschsprung” ini harus operasi. Namun, saat ini tidak bisa dilakukan mengingat fisiknya terlalu lemah. Untuk sementara dokter meningkatkan dulu gizi dan metabolisme elektrolitnya, setelah itu baru diatur operasinya.

Setelah tiga jam operasi, tim dokter akhirnya berhasil mengangat sebongkah usus besar seberat 13 Kg dengan panjang 76 cm dari dalam perutnya, dan benda itu terlihat sangat mengerikan.

Dokter mengatakan, “Hirschsprung” adalah sejenis penyakir bawaan, banyak orang yang sembelit tidak menentu sejak kecil, jadi dihimbau kepada para orang tua jangan anggap remeh masalah sembelit seperti ini, asal tahu saja penyakit ini sangat menyiksa, dan sangat berbahaya!

Benar-benar mengerikan, usus besar pria itu menjadi seperti terlihat pada gambar, semoga ia cepat sembuh. (Jhony/asr)

Coco.01.net

Share

Video Popular