Erabaru.net – Laporan dari Limbang, Sarawak, Malaysia Rabu (7/6/2017) tentang video dua turis asal Vietnam salah masuk ke Mesjid yang dikira vihara menjadi viral di internet.

Dua turis asal Vietnam nyasar ke Mesjid yang dikiranya vihara, melihat tak ada larangan masuk, keduanya pun masuk dan melihat-lihat isi dan sekitar masjid.

Tak lama kemudian mereka pun bersujud dan sembahyang.

Setelah selesai sembahyang, pengurus masjid lalu mendekati mereka, dan memberi tahu bahwa mereka telah salah tempat, pengurus masjid yang tampak bijaksana itu bukan saja tidak marah, malah sebaliknya dengan ramah menunjukkan lokasi vihara.

Kejadian yang lucu ini terjadi sepekan lalu di Limbang, Sarawak, Malaysia. Mereka tertawa satu sama lain. Jadi, ini bukan masalah besar.

“Di Sabah maupun Sarawak, gereja dan mesjid terletak bersebelahan dan orang-orang tak masalah dengan itu. Ada yang memarkir mobilnya di gereja dan berjalan ke masjid, begitu juga sebaliknya. Hanya orang rasis yang mempermasalahkan hal itu,” ungkap seorang netizen.

Video dan kisah unik ini langsung menjadi viral di Malaysia usai diunggah di medsos.

Banyak netizen Malaysia yang memuji cara si pengurus mesjid itu menangani situasi tersebut dengan tenang dan memperlakukan mereka dengan ramah.

Jarak Vihara dan Mesjid di Sarawak, Malaysia

“Sangat salut para petugas masjid atas caranya menangani kejadian ini,”respon masyarakat.

“Alhamdulillah…di Sarawak kita masih ada sifat menghormati sesama insan biarpun berlainan agama,”ujar seorang netizen

Dari video tersebut, kita bisa melihat dengan jelas, cukup banyak umat Islam yang sedang sholat di masjid itu, diyakini mereka tidak menyadari kejanggalan tersebut, mereka dengan khusyuk berlutut dan bersujud ke hadapan Allah SWT.

Cara sholat dua turis wanita asal Vietnam itu seketika menarik perhatian pengurus masjid. Sumber mengatakan, pengurus masjid bukan saja tidak marah dan mengusir mereka, sebaliknya dengan ramah memberitahu bahwa mereka telah salah tempat.

Mendengar penjelasan pengurus masjid, kedua turis ini tersenyum malu, dan terus meminta maaf.

Hal yang mengagumkan dari cara penangangan pengurus itu adalah bukan saja memaafkan dan memaklumi ketidaktahuan mereka, bahkan ia menunjukkan lokasi vihara yang ada di seberang, dan mempersilakan mereka berkunjung ke masjid. Jarak antara Masjid dan vihara hanya sekitar 120 meter di temapat itu. (Jhony/asr)

Sumber : GreatDaily

Share

Video Popular