Penulis Tang Feng

Erabaru.net – Tidak ada orang menginginkan diri sendiri bodoh, karena orang bodoh akan menderita, tidak dapat memahami banyak hal. Tapi kita harus mengakui kebenaran bahwa “orang bodoh biasanya mempunyai banyak kelebihan dan rejeki”.

Kemarin saya sedang cuti, rekan kerja menelepon bertanya siapa yang memiliki kunci pintu belakang, saya mengatakan kepada mereka bahwa rekan yang satu lagi juga memilikinya.

Sayangnya, rekan yang memiliki kunci tersebut juga sedang cuti. Dia berharap saya yang mengantar kunci ke kantor.

Ya apa boleh buat, karena rumah saya lebih dekat ke kantor dari pada rekan kerja yang sedang cuti, hanya empat persimpangan, akhirnya saya naik motor listrik ke kantor.

Di persimpangan kedua, motor listrik saya mati tidak bisa berjalan, saya menelpon teman saya untuk memberitahukan hal ini, untungnya dia mau menunggu sambil sarapan.

Lalu saya mencari sebuah bengkel terdekat untuk memperbaiki motor saya. Teknisi bengkel membuka penutup mesin, langsung mengambil sebuah controller yang baru mengganti controller motor saya, lalu mencoba mesinnya, langsung oke.

Lalu bertanya kepada saya apakah ingin menggantinya, harga delapan puluh lima yuan. Saya adalah seorang teknisi elektronik, saya tahu bahwa mungkin controller lama saya dapat diperbaiki, alasan teknisi bengkel tidak memperbaiki tetapi langsung mengganti yang baru, tujuannya adalah untuk meminta lebih banyak uang, dan lebih aman.

Pada saat itu saya tidak mencari alasan menolak dan langsung menukarnya. Alasannya sederhana, saya tidak ingin memperumit masalah.

Jika saya katakan padanya saya juga seorang teknisi, dan bersikeras bahwa pasti controller itu dapat diperbaiki, mungkin dia akan menolak atau menyuruh saya mencari bengkel lain untuk memperbaikinya. Motor kini sudah berjalan lancar, bagaimanapun controller baru, jauh lebih fleksibel.

Mungkin teknisi bengkel telah melakukan yang terbaik, jika controller lama walaupun diperbaiki, mungkin akan timbul masalah lain. Setelah ditukar yang baru pikiran akan lebih tenang, dan juga cepat memecahkan masalah dan berhasil membantu rekan kerja yang menunggu di kantor. (Chris/asr)

Share

Video Popular