Erabaru.net. Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang paling umum dialami setiap orang pada beberapa waktu.

Sering kali Anda mengalami sakit kepala karena terlalu stres yang bisa timbul karena beberapa alasan.

Pada saat sakit kepala kita cenderung minum obat penghilang rasa sakit. Tapi ini adalah sesuatu yang tidak sehat dan memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Maka dari itu, Anda perlu melalukan cara-cara di bawah ini untuk bersantai dan mengurangi pikiran sejenak secara alami dan mudah, di kala stres atau sakit kepala.

Jauhi masalah atau sumber-sumber ketegangan

Jika Anda merasa sakit kepala akibat sering menghadapi banyak tekanan dan masalah, Anda dapat melepaskan diri dari sumber stres. Jika seseorang berteriak kepada Anda, janganlah membalas teriakannya dan segeralah  tinggalkan tempat itu.

Tutup mata Anda dan berangan-angan indahlah

Banyak orang setuju bahwa berangan-angan adalah pemicu stres yang hebat. Namun, Anda sebenarnya bisa mendapatkan kelegaan dari sakit kepala jika Anda berangan-angan sejenak. Saat kepala Anda hampir meledak, tutup saja mata dan biarkan diri berada dalam dunia fantasi sejenak.

Bisa jadi apa pun yang Anda pikirkan, perjalanan fiktif Anda ke Paris atau bermimpi pacar Anda adalah Brad Pitt, itu cukup sebagai hiburan kecil di kala stres.

Berhentilah Menatap Layar Monitor

Mata adalah organ pertama yang lemah saat Anda mengalami sakit kepala terkait stres. Tapi jika Anda bersikeras untuk memelototi layar laptop di kala sakit kepala, maka dapat memperburuk sakit kepala Anda. Menonton film saat stres berat bukanlah ide bagus. Meskipun sebagian orang percaya ini adalah cara yang bagus untuk bersantai, namun sesungguhnya itu membuat mata Anda bekerja ekstra dan memperparah sakit kepala.

Mandilah 

Terkadang akumulasi panas di tubuh yang masuk ke kepala Anda dapat menyebabkan ketegangan. Sehingga Anda perlu menormalkan suhu tubuh Anda, dengan cara mandi atau berendam di bak mandi selama satu jam.

Mandiakan menghilangkan panas dari tubuh dan membuat Anda merasa lebih segar.

Aromaterapi

Indra penciuman Anda dapat menurunkan stres untuk Anda, terlebih jika Anda menghirup bau yang menenangkan.

Aromaterapi misalnya, dapat menurunkan sakit kepala dan stress, dengan cara menyalakan lilin aromatik atau mengoleskan minyak aromatik.

Hiruplah bau aromaterapi sejenak untuk menenangkan diri Anda.

Pijat

Pijatan sedikit di sekitar dahi dan pelipis dapat membantu melonggarkan otot kepala dan memberikan kelegaan dari stres serta sakit kepala dengan cepat.

Daripada minum obat penghilang rasa sakit, cukup duduk santai dan perlahan pijat dahi dan daerah pelipis Anda.

Latihan Pernapasan

Buatlah posisi duduk Anda menjadi nyaman. Perlahan-lahan coba tutup mata Anda, berkonsentrasilah dan kemudian tarik napas dalam-dalam sampai saat Anda merasakan udara di perut Anda. Lalu keluarkan secara perlahan dan rileks.

Lakukan ini sekitar 10 kali. Anda akan merasa rileks. Ini tidak hanya membantu menyingkirkan sakit kepala tapi juga membantu mencegah sakit kepala.

Latihan Relaksasi Otot

Putarlah leher Anda secara perlahan. Lalu putar bahu ke depan dan ke belakang. Lakukan ini sepuluh kali masing-masing. Ini membantu dalam merilekskan otot dan menyingkirkan sakit kepala. (intan/yant)

Sumber: boldsky.com

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular