Erabaru.net. Pandangan pertama ketika Anda mengunjungi kawasan hotel di daerah Nara, Jepang , adalah ruang tamu dan ruang makan yang diatur seperti tampilan bangunan di era Meiji.

Orang-orang yang hendak mencari tempat penginapan yang unik di Jepang akan dimanjakan dengan berbagai pilihan hotel.

Hotel dengan kamar berbentuk kapsul yang dihiasi dengan aksesoris-aksesoris anime, penginapan tradisional Jepang, pulau pribadi, hingga kamar yang dihiasi aksesoris karakter superhero.

Saat ini ada jenis penginapan baru yang menjadi pembicaraan masyarakat Jepang, karena penginapan baru tersebut menawarkan sensasi menginap di sebuah ‘Penjara Anak-anak Nara!’

Penjara itu sendiri dulu dijadikan sebagai tempat penampungan lebih dari 700 anak di bawah umur yang melakukan pelanggaran serius.Namun penjara tersebut telah ditutup pada tanggal 31 Maret tahun ini.

Dibangun pada tahun 1908, kompleks penjara tersebut telah ditunjuk sebagai aset budaya yang penting, dengan desain yang tidak biasa dan konstruksi batu bata merah menjadikannya sebagai tempat wisata yang populer bagi pengunjung.

Menjelang penutupannya Maret lalu, Kementerian Kehakiman Jepang mengumumkan bahwa mereka menawarkan kesempatan kepada perusahaan-perusahaan untuk membuat rencana mengubah bekas penjara tersebut menjadi sebuah hotel unik.

Diantara perusahaan yang terlibat, ada perusahaan Solare Hotels & Resorts Co., Ltd. yang menjadi pemain utama dalam proyek renovasi tersebut, atau disebut sebagai ” HISTERRACE Nara Project”.

Perusahaan tersebut akan mengawasi keseluruhan operasi, termasuk peluncuran fasilitas hotel, restoran dan hubungan masyarakat untuk bisnis ini.

Perusahaan besar lainnya seperti Shimizu Corporation dan Tokyu Company akan terlibat dalam pembangunan tersebut, sementara perusahaan Muji akan mendirikan Muji Hostel di tempat itu yang menawarkan akomodasi tipe asrama sederhana dengan sekitar 60 tempat tidur.

Rencana baru menunjukkan rencana proyek renovasi penjara menjadi hotel yang besar.

Muji juga akan mengadakan workshop seni dan kerajinan tradisional Jepang yang direncanakan akan dibangun di dekat asrama, bersamaan dengan mendirikan sebuah kafe dan bar.

Semua bangunan hotel tersebut akan menggunakan desain minimalis dan ramping, karena model ini memang cukup terkenal di kalangan pebisnis penginapan Jepang. Juga akan ada pemandangan luas di depan bangunan batu bata merah dari penginapan mereka juga.

Untuk bagian dalam penjara akan disulap menjadi hotel yang dikelola oleh Solare , namun mereka masih menggunakan nama tentative, yaitu “Soramitsu Nara”.

Dalam pembangunan hotel ini akan membiarkan satu sayap penjara untuk tujuan pelestarian, sementara mereka akan menggunakan empat sayap ruangan lainnya.

Hotel ini akan menawarkan sekitar 150 kamar yang desainnya akan mempertahankan bangunan konstruksi sel penjara. Mereka hanya mengubah suasana dengan pencahayaan dan perabotan modern untuk penginapan yang lebih nyaman dan mewah.

Menurut mereka yang terlibat dalam proyek ini, fasilitas akomodasi baru di wilayah bekas Penjara Anak-anak Nara bertujuan untuk melestarikan warisan sejarahnya, dengan fokus untuk mempromosikan “sejarah hidup” yang dimiliki bangunan tersebut.

Ini tentu menjadi salah satu tempat penginapan paling unik di Jepang. Hotel dan asrama rencana akan dibuka pada tahun 2020, tepatnya saat Olimpiade musim panas yang tahun ini diadakan di Jepang.(intan/yant)

Sumber: en.rocketnews24.com

Share

Video Popular